Kain Tenun Pontianak Ludes di INACRAFT 2023, Sutarmidji: Evaluasi Seluruh Produk yang Jadi Unggulan

KalbarOnline, Jakarta – Stand Kota Pontianak yang tergabung dalam Paviliun Provinsi Kalbar pada ajang International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) 2023 di Jakarta dikunjungi Gubernur Kalbar Sutarmidji, Minggu (05/03/2023).

Di Paviliun Kalbar, ia melihat sejumlah produk kerajinan dari UMKM Kota Pontianak yang dipamerkan, diantaranya kain tenun corak insang khas Kota Pontianak yang memiliki corak menarik dan cukup banyak diminati para pengunjung dan produk-produk kerajinan lainnya.

Sutarmidji menilai, secara umum memang produk yang ditampilkan sudah lebih baik dari sebelumnya. Kendati demikian, menurutnya masih harus dilakukan banyak inovasi dengan memperhatikan pasaran yang sedang tren. Mulai dari model produk, warna dan tampilan apa yang menjadi unggulan kekhasan dari Kota Pontianak supaya tidak tertinggal dengan daerah lainnya.

Baca Juga :  Hadiri Peringatan Isra’ Mi’raj, Kapolsek Menjalin Sampaikan Pesan Kamtibmas

“Sekiranya ada produk-produk yang kurang atau tidak diminati pada pameran ini, nantinya jangan ditampilkan lagi pada INACRAFT mendatang, evaluasi seluruh produk yang menjadi unggulan,” pesannya.

Kemudian, ia juga memberi masukan terhadap produk kerajinan keladi air agar dibuatkan motif-motif baru. Untuk itu, Dekranasda mesti mendorong para pengrajin untuk menggali bahan-bahan yang memiliki daya tarik sehingga tampil memikat para pengunjung.

“Inovasi untuk meningkatkan ketertarikan orang pada produk kerajinan ini adalah tantangan kita,” ungkap Sutarmidji.

Gubernur Kalbar, Sutarmidji berkunjung ke stand Kota Pontianak yang tergabung dalam Paviliun Kalbar pada INACRAFT 2023 di Jakarta. (Foto: Prokopim For KalbarOnline.com)
Gubernur Kalbar, Sutarmidji berkunjung ke stand Kota Pontianak yang tergabung dalam Paviliun Kalbar pada INACRAFT 2023 di Jakarta. (Foto: Prokopim For KalbarOnline.com)

Menanggapi terpilihnya Paviliun Kalbar sebagai Best Booth INACRAFT 2023, Sutarmidji menilai produk-produk kerajinan Kalbar sangat diminati karena masih menggunakan pewarna alami, motif-motif desain yang menarik dan memiliki keunikan tersendiri.

Baca Juga :  Edi Kamtono Apresiasi Warga Patuhi Larangan Rayakan Malam Tahun Baru

Sutarmidji juga menyampaikan, pihaknya akan mengembangkan produk-produk tersebut sehingga bisa melahirkan warna alami dan juga cerah sesuai dengan kearifan lokal. Dia berharap pengembangan ini bisa dilakukan melalui laboratorium yang ada, seperti di Untan dan di Pemerintahan Provinsi Kalbar.

“Selamat kepada Paviliun Kalbar yang menjadi pemenang booth terbaik pada INACRAFT tahun ini,” ucapnya.

Sebelumnya, penjaga stand Kota Pontianak Harry Ronaldi menerangkan, sejak dimulainya pameran INACRAFT pada 1 Maret 2023 lalu, pengunjung yang datang pada stand Kota Pontianak di Paviliun Kalbar cukup ramai.

“Produk yang banyak diminati adalah tas kain tenun, semua stok yang kami bawa ludes dibeli pengunjung,” imbuhnya. (Jau)

Comment