42 Desa Mandiri di Kubu Raya Terima Sepeda Motor Operasional dari Gubernur Kalbar

KalbarOnline, Kubu Raya – Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji memberikan apresiasi kepada 42 desa berstatus mandiri di Kabupaten Kubu Raya berupa sepeda motor yang bisa digunakan untuk mendukung operasional sehari-hari, pada Rabu (01/03/2023).

“Sebelumnya sudah diserahkan 10 buah saat ulang tahun Pemprov Kalbar lalu. Jadi total seluruhnya ada 52 desa mandiri (di Kubu Raya) yang diberikan kendaraan roda dua,” terang Sutarmidji kepada wartawan, Kamis (02/03/2023).

Ia mengingatkan, kalau bantuan itu bukan diberikan khusus untuk kepala desa, melainkan menjadi aset desa sebagai kendaraan operasional guna mendukung kelancaran aktivitas di pemerintahan desa tersebut.

Baca Juga :  Tunaikan Salat Idul Fitri di Mujahidin, Sutarmidji: Mohon Maaf Lahir Batin

“Karena jangkauan Kubu Raya ini kan jauh-jauh jaraknya, dari desa ke desa lain. Makanya pilihannya juga sebenarnya kalau saya mau milih yang murah, pilih saja motor yang harga Rp 20 juta – Rp30 juta biar dapat banyak,” katanya.

Sutarmidji mengatakan, bahwa pemilihan jenis motor juga menjadi pertimbangan pihaknya, mengingat medan yang cukup menantang di setiap desa.

Baca Juga :  Dihari Ketiga, Korban Hilang Masih Belum Ditemukan

“Kita pilih motor trail, ini untuk kebutuhan mereka (desa), supaya pasca perawatannya juga bagus dan tahan lama,” jelasnya.

Terlepas dari itu, Sutarmidji mengatakan, dengan posisi Kabupaten Kubu Raya yang berdekatan dengan Kota Pontianak diharapkan dapat mempercepat pembentukan desa berstatus mandiri.

Karena menurutnya, jika seluruh desa di Kubu Raya sudah mandiri, maka segala persoalan yang menghambat selama ini bisa diselesaikan.

“Seperti angka kemiskinan, stunting, IPM, dan lainnya, karena indikator penunjangnya cukup selaras,” ujarnya. (Jau)

Comment