Penuhi Undangan Presiden, Bupati Kapuas Hulu Hadiri Rakornas Penanggulangan Bencana di Jakarta

KalbarOnline, Jakarta – Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menghadiri undangan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Penanggulangan Bencana Tahun 2023 dengan tema “Penguatan Resiliensi Berkelanjutan Dalam Menghadapi Bencana” yang diselenggarakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana, di Jakarta International Expo, Kamis (02/03/2023).

Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) yang membuka secara resmi kegiatan tersebut menyampaikan, agar setiap daerah dapat mengidentifikasi bencana yang ada di daerahnya masing-masing. Presiden juga meminta agar tiap-tiap pemerintah daerah bisa menyiapkan pendanaan terkait penanggulangan bencana daerahnya tersebut.

“Serta masukan risiko bencana dalam rencana pembangunan dan investasi. Pemda dan BPBD sebagai ujung tombak penanggulangan bencana,” ujarnya.

Baca Juga :  Bupati Fransiskus Diaan: Masalah Kesehatan Daerah Terpencil Terus Jadi Perhatian

Menanggapi pidato Presiden Jokowi, Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menyampaikan pihaknya siap mengikuti semua arahan Presiden Jokowi pada  Rakornas Penanggulangan Bencana Tahun 2023.

Presiden Joko Widodo memberikan pengarahan pada Rakornas Penanggulangan Bencana yang diselenggarakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana, di Jakarta International Expo, Kamis (02/03/2023). (Foto: Ishaq)
Presiden Joko Widodo memberikan pengarahan pada Rakornas Penanggulangan Bencana yang diselenggarakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana, di Jakarta International Expo, Kamis (02/03/2023). (Foto: Ishaq)

“Yakni kita akan melakukan identifikasi potensi bencana dalam rencana pembangunan dan investasi untuk melakukan pencegahan dan meminimalisir dampak yang mungkin bisa saja terjadi saat bencana,” kata Bupati Fransiskus.

Baca Juga :  Deddy Corbuzier Sempat Kritis dan Hampir Meninggal Karena Covid-19

Ia mengingatkan, bahwa penanggulangan bencana daerah memerlukan keterlibatan semua pihak dari semua unsur.

“Dan ini memerlukan sinergitas semua pemangku kebijakan dalam upaya penanggulangan ketika terjadi bencana, di samping pencegahan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana yang terjadi di Kabupaten Kapuas Hulu nantinya,” terangnya.

Turut hadir dalam rakornas tersebut, Kapolres Kapuas Hulu, Dandim 1206/PTS dan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kapuas Hulu. (Ishaq)

Comment