Sekda Ketapang Hadiri Panen Raya dan Serahkan Bantuan Alat Pertanian 

KalbarOnline, Ketapang – Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang, Alexander Wilyo menghadiri panen raya padi Kelompok Tani Jaya Abadi Tanjung Baik Budi, di Desa Tanjung Baik Budi, Kecamatan Matan Hilir Utara, Selasa (28/02/2023). Kegiatan itu sekaligus dirangkai dengan penyerahan bantuan alat pertanian kepada kelompok tani tersebut.

Sekda dalam kesempatan tersebut mengapresiasi kelompok Kelompok Tani Jaya Abadi Tanjung Baik Budi yang sangat terkenal sebagai daerah penghasil beras.

“Potensi ini harus kita jaga, selama kita masih mengkonsumsi beras atau nasi, tidak mungkin kita akan meninggalkan pertanian, khususnya padi,” ujarnya.

Baca Juga :  Wakili Bupati Teken Berita Acara EPPD, Sekda Alexander Ingin Wujudkan Good Governance di Ketapang

Oleh sebab itu, dikatakan sekda, Pemda Ketapang menjadikan pertanian ini sebagai salah satu program yang penting di Kabupaten Ketapang melalui program IPDMIP, program dari pusat.

Sekda Ketapang, Alexander Wilyo memberikan bantun kepada Kelompok Tani Jaya Abadi Tanjung Baik Budi, di Desa Tanjung Baik Budi, Kecamatan Matan Hilir Utara, Selasa (28/02/2023). (Foto: Adi LC)
Sekda Ketapang, Alexander Wilyo memberikan bantun kepada Kelompok Tani Jaya Abadi Tanjung Baik Budi, di Desa Tanjung Baik Budi, Kecamatan Matan Hilir Utara, Selasa (28/02/2023). (Foto: Adi LC)

“Melalui program dari pusat ini kita bisa membantu, bahkan membina para petani. Jadi tidak ada halangan secara administratif,” ujarnya.

Selanjutnya, terkait jalan pertanian, Alexander berharap agar ke depan ada bantuan pembangunan dari pemerintah daerah.

“Ini bisa diupayakan melalui kelompok tani, seperti tanah harus dihibahkan dulu secara administratif ke pemda, setelah itu baru dibangun dan juga infrastruktur lain seperti pintu air, penahan air laut dan tanggul, yang menjadi prioritas agar tidak ada kendala gagal panen karena intrusi air laut,” pungkasnya.

Baca Juga :  Mengawali Tahun 2023, PT Cita Mineral Investindo Tbk Berkarya di Bidang Kesehatan dan Pendidikan

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Anggota DPRD Ketapang, Mia Gayatri, Staf Ahli Bupati Ketapang, Junaidi Firrawan, Kabag Ekbang, Kabid Pertanian, Bapedda, Camat MHU, Kades Tanjung Baik Budi dan lainnya. (Adi LC)

Comment