Puluhan Hektare Lahan Terbakar di Mempawah, Tim Gabungan Turun Lakukan Pemadaman

KalbarOnline, Pontianak – Puluhan Hektare lahan di Dusun Suap, Desa Paser, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah terbakar sejak kemarin. Puluhan personel dari tim gabungan yang terdiri dari BPBD Provinsi Kalbar, BPBD Kabupaten Mempawah, TNI, Polri dan Manggala Agni pun terus berupaya melakukan pemadaman.

Ketua Satgas Informasi Bencana BPBD Provinsi Kalbar, Daniel mengatakan, kalau pihaknya telah menurunkan 10 personel tim patroli darat untuk membantu pemadaman tersebut.

Baca Juga :  PKK Sekadau Kunjungi Kebun Binaan PKK Kota Pontianak

“Karena area yang terbakar semakin luas, Tim BPBD masih berada di lokasi kebakaran sampai (Senin) malam hari, karena disana  tidak turun hujan selebat di Pontianak,” ujarnya, Selasa (28/02/2023).

Daniel menyatakan, luas area lahan yang terbakar itu diprediksi mencapai puluhan hektare.

“Jumlah area yang terbakar sampai saat ini diperkirakan puluhan hektare, tim sedang melakukan pengukuran,” terangnya.

Baca Juga :  Harisson: Ibu-ibu Kunci Terciptanya Generasi Unggul

Lebih lanjut Daniel menyampaikan, bahwa BPBD Provinsi Kalbar juga terus melakukan upaya deteksi dan cegah dini dengan melibatkan unsur satuan di daerah, aparat daerah, stakeholders, masyarakat pada tingkat desa/tapak guna mencegah potensi karhutla.

“Untuk memberikan informasi dan edukasi pada masyarakat, termasuk tokoh-tokoh agama, untuk mengkampanyekan pencegahan bencana asap akibat karhutla,” katanya. (Jau)

Comment