Progres Pembangunan Mal Pelayanan Publik Pontianak Sudah 54 persen, Edi Kamtono: Target Oktober 2023

KalbarOnline, Pontianak – Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono meninjau pembangunan Mal Pelayanan Publik (MPP) yang berlokasi di Komplek Kapuas Indah, Jalan Kapten Marsan, Kelurahan Benua Melayu Darat, Kecamatan Pontianak Selatan, Jumat (24/02/2023).

Edi menyampaikan, hingga kini, pengerjaan pembangunan gedung itu masih dalam proses dan sudah mencapai 54 persen. Ia berharap tiga bulan ke depan, pembangunan gedung MPP sudah menunjukkan progres yang lebih cepat sehingga bisa segera difungsikan.

“Kawasan Kapuas Indah, Pasar Cempaka termasuk Pasar Tengah nantinya akan menjadi sebuah kawasan representatif sebagai pusat perdagangan sekaligus pusat pelayanan publik, pemerintahan dengan suguhan pemandangan waterfront Sungai Kapuas,” ujarnya.

Menurutnya, keberadaan MPP ini merupakan bagian dari penataan kawasan waterfront dan Kapuas Indah. Dengan kehadiran MPP yang menjadikan waterfront sebagai wajah terdepan gedung, diharapkan lebih rapi dan tertata serta estetik.

Baca Juga :  Kasat Lantas Akui Kemacetan Paling Kompleks di Pontianak Timur dan Utara

“Target penyelesaiannya bulan Oktober 2023, bahkan kalau bisa lebih cepat lebih baik,” ungkap Edi.

Ia menambahkan, untuk jumlah jenis pelayanan yang akan disediakan pada MPP sebanyak 21 jenis layanan. Penyedia layanan selain dari Pemkot Pontianak, juga akan ada dari kementerian dan lembaga.

“Untuk instansi di luar Pemkot Pontianak sudah siap dan kita juga telah berkoordinasi seperti pihak kepolisian, kementerian keuangan, Imigrasi dan Kementerian Agama,” sebutnya.

Edi menuturkan, MPP juga menjadi program unggulan pemerintah pusat yakni Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) untuk mengarahkan daerah-daerah membangun Mal Pelayanan Publik. 

Baca Juga :  Sutarmidji Klaim Tingkat Ekonomi Masyarakat Pontianak Semakin baik

“Tujuan berdirinya MPP adalah untuk memudahkan masyarakat mendapatkan layanan publik yang terpusat dan terintegrasi sehingga lebih efisien dan cepat, artinya pelayanan di sini One Stop Service,” katanya.

Lebih dari 30 tahun silam, kawasan Kapuas Indah tidak pernah tersentuh penataan. Sejalan dengan itu, pembangunan MPP di kawasan ini diharapkan mampu mempercantik dan memperindah bangunan yang ada serta membangkitkan kembali aktivitas perekonomian di sekitarnya. Selain itu, kawasan di depannya juga akan dibangun Pujasera menghadap waterfront.

“Sehingga pedagang-pedagang di sini kita harapkan mendapat dampak positif dengan banyaknya masyarakat yang datang ke MPP,” pungkasnya. (Jau)

Comment