Sutarmidji Dukung Pembangunan Jembatan Garuda oleh Swata, Tapi..

KalbarOnline, Pontianak – Gubernur Kalbar, Sutarmidji mendukung rencana pembangunan Jembatan Garuda di Kota Pontianak. Di mana pembangunan itu murni bakal menggunakan anggaran pihak konsorsium/swasta, tanpa melibatkan dana APBD/APBN.

“Saya tentu sangat mendukung rencana Jembatan Garuda, ini kan investasi swasta yang bagus-bagus saja. Apalagi Pontianak Utara lahannya milik Pemda Kota, dan sebelah sini kita (provinsi),” katanya, Selasa (14/02/2023).

Sutarmidji pun berharap, agar pembangunan jembatan tersebut dapat didukung dengan keberadaan jalan layang, sehingga mempermudah arus lalu lintas yang ada.

“Rencana pembangunan Jembatan Garuda di Pontianak itu oleh swasta, artinya investasi silahkan saja, tapi kalau dia PMA (Penanaman Modal Asing) harus Kementrian PU,” lanjutnya.

Baca Juga :  Ketatnya Kendali Pusat, Sutarmidji: Nambah 2 Orang Murid Saja Harus Izin Menteri!

Di samping itu, Sutarmidji menilai, bahwa untuk Kota Pontianak sebenarnya akan lebih cocok jika dibangun Jembatan Kapuas 3.

“Kalau saya lebih bagus kalau di Pontianak ini yang dibangun itu Jembatan Kapuas 3, ketika Jembatan Kapuas 3 ada nantinya, maka Jembatan Garuda itu investasinya break and point, harus dihitung kembali berapa tahun,” katanya.

“Itu kan berbayar, nanti misalnya perlu 20 tahun ketika Jembatan Kapuas 3 jadi, harus nambah hitungan itu, supaya jangan sampai investor salah hitung,” tambahnya.

Baca Juga :  KPU Kapuas Hulu Gelar Rapat Pembahasan PPDP, Ini Penjelasan Lisma Roliza

Di luar itu, Sutarmidji berharap akan lebih banyak lagi investor yang datang dan berinvestasi dalam bidang infrastruktur di Kalbar.

“Ke depan dalam pembangunan ini harus banyak mengajak investor termasuk membangun jalan provinsi, tapi kan jabatan saya sudah tidak sampai setahun lagi,” kata dia.

“Kalau lebih, saya akan mengajak investor membangun dulu baru kita tinggal bayar, sehingga bisa dinikmati masyarakat, begitu harusnya. Kalau ini Pak Edi (Wali Kota Pontianak) saya dukung karena investasi murni swasta,” tuntasnya. (Jau)

Comment