Satu Desa di Kayong Utara Seluruh Pantarlihnya Perempuan

KalbarOnline, Sukadana – Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Kayong Utara melantik Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) yang keseluruhannya adalah perempuan, bertempat di Desa Wonorejo, Kecamatan Seponti, Kayong Utara, Minggu (12/02/2023).

Dalam kesempatannya, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kayong Utara menuturkan, peristiwa pantarlih yang seluruhnya perempuan ini baru pertama kali terjadi di KKU, di mana biasanya adalah kombinasi laki-laki dan perempuan.

“Satu desa yang menjadi pantarlih semuanya perempuan dan ini terjadi di Kecamatan Seponti Jaya,” kata Rudi Handoko

Baca Juga :  Tegas, Polres Kubu Raya Tangkap 11 Pelaku Karhutla

Kelima pantarlih perempuan tersebut adalah Wiwik Suharti, Yuyun Widianti, Miza Umi Aswa, Windi Ariani dan Satini. Kelima orang ini akan menjadi petugas pencatat data pemilih di 12 Rukun Tetangga (RT) di desanya.

Foto bersama usai pelantikan pantarlih Desa Wonorejo, Kecamatan Seponti, Kayong Utara. (Foto: Istimewa)
Foto bersama usai pelantikan pantarlih Desa Wonorejo, Kecamatan Seponti, Kayong Utara. (Foto: Istimewa)

Kemudian selain Desa Wonorejo, di kecamatan yang sama juga nyaris 100 persen petugasnya juga perempuan, yakni di Desa Podorukun, yang dari 6 pantarlih, terdapat 5 diantaranya juga perempuan.

“Ini bukti perempuan memiliki kemampuan yang setara dengan kaum laki-laki, dan kami berikan kesempatan itu untuk di KKU,” kata Rudi.

Baca Juga :  50 Tips and Insights About Productivity, Happiness, and Life

Untuk itu, ditambahkan komisioner KPU KKU dua periode ini, pada hari ini, di KKU terdapat 374 pantarlih di 43 desa di Kayong Utara dilantik dan mendapatkan bimbingan teknis dalam pelaksanaan tugas pemutakhiran data pemilih.

Dari data hasil sinkronisasi, jumlah pemilih di Kayong Utara sebanyak 93.237 orang yang tersebar di 6 kecamatan.

“Sesuai tahapan, hari ini kawan-kawan pantarlih langsung turun melakukan tugas di daerah masing-masing,” pungkasnya. (Santo)

Comment