Dihantam Cuaca Buruk, Tugboat Sinar Pawan 1 Tenggelam

KalbarOnline, Ketapang – Sebuah kapal tunda (tugboat) Sinar Pawan 1 tenggelam dihantam cuaca buruk di perairan Kendawangan, Kabupaten Ketapang, Minggu (12/02/2023).

Kepala Kantor SAR Pontianak, I Made Junetra mengatakan, bahwa sebelum tenggelam kapal tersebut hendak melakukan pengisian muatan.

“Kemarin kapal ini berangkat dengan menarik ponton dari dermaga PT CMI Kelampai menuju MV JIAN FA di Muara Kendawangan untuk melakukan loading bauksit, namun di tengah perjalanan, kapal dihadang cuaca buruk, tidak mampu bertahan kapal kemudian tenggelam dan ponton yang ditarik terdampar di pesisir Kendawangan,” terangnya.

Baca Juga :  Satu ABK TB Sinar Pawan 1 Berhasil Ditemukan, Made: Satu Lagi Masih Dalam Pencarian

Lebih lanjut Made mengatakan, dsri manifest yang diperoleh, bahwa TB Sinar Pawan 1 membawa 9 kru pada saat itu.

“Tujuh orang berhasil diselamatkan oleh TB Bojoma I sedangkan dua lainnya masih dalam pencarian,” kata Made.

Made juga mengatakan, kalau pencarian kepada awak hilang telah dilakukan oleh tim rescue di lokasi tenggelam.

“Satu tim rescue pos SAR Ketapang dengan satu unit rigid inflatable boat serta peralatan pendukung, bersama dengan tim SAR gabungan serta pihak perusahaan bersama-sama melakukan pencarian terhadap 2 orang ABK yang masih belum ditemukan,” jelasnya.

Baca Juga :  Silaturahmi ke Bupati, GANN Siap Dukung Pemda Ketapang Berantas Peredaran Narkotika

Adapun data 7 ABK yang selamat, antara lain Fauzan (juru mudi), Triaji Mega (masinis 3), Teguh (masinis 2), Mardin (mualim 1), Rudi (KKM), Siri (oiler), Erlindo (koki). sementara awak yang masih dalam pencarian, yakni Wardi (kapten) dan Rio (jurumudi 2).

Unsur-unsur yang terlibat dalam pencarian diantaranya tim rescue Pos Sar Ketapang, KSOP Kendawangan, Pos TNI AL Kendawangan, Polair Kendawangan, KSOP Ketapang, SROP Ketapang, Perusahaan PT Harita dan nelayan setempat. (Jau)

Comment