Kemenkeu Perkenalkan Minyak Makan Merah, Lebih Sehat dan Anti Stunting

KalbarOnline, Pontianak – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Perwakilan Kalimantan Barat bekerja sama dengan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) mensosialisasikan penggunaan minyak makan merah di Kalbar, Jumat (10/02/2023).

Kepala Perwakilan Kemenkeu Satu Kalbar, Kukuh Sumardono Basuki menyampaikan, sosialisasi tersebut menghadirkan narasumber dari Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS). Kegiatan tersebut juga sebagai salah satu upaya mendorong penguatan UMKM dan menyosialisasikan kebijakan Kemenkeu di Kalbar.

“Kegiatan ini dihadirkan untuk mengenalkan minyak makan merah kepada masyarakat luas karena produk ini mempunyai manfaat yang luar biasa dengan harga yang cukup kompetitif,” ujar Kukuh di Pontianak.

Baca Juga :  Dinilai Paling Tepat Pimpin Indonesia, Front Kebangsaan Kalbar Deklarasikan Dukungan ke Ganjar-Mahfud

Lebih lanjut ia menerangkan, selain mensosialisasi minyak makan merah, pihaknya juga menggelar lomba masak dengan dihadiri oleh para pejabat dan pegawai dari Kemenkeu Satu Kalbar, pejabat BPDPKS, PPKS dan juga para pelaku usaha UMKM di Kalbar.

Sementara itu, peneliti dari PPKS, Edy Mulyono menyampaikan, bahwa minyak makan merah memiliki manfaat yang lengkap. Di mana minyak makan merah memiliki komposisi fitonutrien yang sangat lengkap, antara lain mengandung vitamin E, Provitamin A dan skualen yang bermanfaat untuk memperkuat ketahanan dan kedaulatan pangan Indonesia.

“Potensi besar sebagai anti stunting dan sebagai alternatif minyak goreng sehat,” kata dia.

Baca Juga :  Polda Kalbar Ungkap Kasus Narkoba Yang Didanai Terpidana Mati Asal Malaysia Dalam Lapas Pontianak

Menurutnya, mengacu pada kandungan nutrisinya, bahwa minyak makan merah itu bersifat kardioprotektif dan menurunkan risiko stroke, anti kanker, antidiabetes dan neuroprotektif.

“Artinya, penggunaan minyak makan merah sangat baik dan ini sangat potensial dikembangkan. Apalagi Kalbar merupakan sentra sawit di Indonesia, bahan bakunya melimpah,” terangnya.

Selain sosialisasi dan lomba, dalam kesempatan itu juga dilakukan demo masak oleh Chef Riall Arief yang merupakan masterchef season 5 Indonesia dan Chef Mohamad Ismail selaku Executive Chef of Ibis Hotel. Keduanya menyajikan makanan dengan menggunakan minyak makan merah yaitu nasi gurih dan sate maranggi. (Jau)

Comment