Giliran Dirut Bank Kalbar Raih Penghargaan Bergengsi dengan Predikat “Berkinerja Terbaik dan Memuaskan”

KalbarOnline, Pontianak – Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kalbar atau Bank Kalbar kembali menerima penghargaan bergengsi di awal “tahun kelinci air” ini. Kali ini, penghargaan itu dikhususkan kepada sang direktur utama, Rokidi.

Pada penghargaan yang diberikan oleh “Indonesian Companies Excellent Award 2023” tanggal 3 Februari 2023 di Ballroom Hotel Aston Tropicana Bandung tersebut terpahat nama Rokidi sebagai direktur utama dengan kategori penghargaan “The Best Banking In Satisfactory Performance Of The Year“.

Penghargaan yang diterima Rokidi tersebut lantaran dirinya dianggap telah berhasil membawa kinerja perbankan, yakni Bank Kalbar, menjadi yang terbaik dan memuaskan untuk kategori BPD se-Indonesia.

Sebagai catatan, penghargaan bergengsi ini dianugerahkan berdasarkan pada hasil penilaian pihak independen. Di mana Bank Kalbar turut dinilai memiliki kemampuan untuk melakukan perubahan signifikan dan serasi dengan akselerasi kemajuan perekonomian Indonesia berdasarkan pada beberapa kriteria.

Kriteria-kriteria itu antara lain yaitu quality, performance, responsibility, transparency dan attractiveness–dengan atribut pengukuran seperti memiliki produk/jasa yang inovatif dan berkualitas, pengelolaan manajemen yang baik, mampu berkembang mengikuti perubahan dan memiliki tanggung jawab sosial yang tinggi.

Baca Juga :  Gowes Sambil Donasi, BPJS Kesehatan Ajak Pecinta Sepeda Virtual Ride

Jika menengok sedikit ke belakang, bank kebanggaan masyarakat Kalbar ini telah berhasil membukukan sejumlah kinerja gemilang hingga tutup tahun 31 Desember 2022 (unaudited). Di antaranya Bank Kalbar berhasil membukukan asetnya sebesar Rp 23,68 triliun atau 109,44% dari target yang ditetapkan, kredit Rp.14,47 triliun atau 101,47% dari target yang ditetapkan, Dana Pihak Ketiga (DPK) Rp 17,54 triliun atau 103,42% dari target yang ditetapkan, NPL 1,75% dan laba dibukukan sebesar Rp 444,41 Miliar atau 107,65% dari target yang ditetapkan.

Tak heran jika bank di bawah binaan Pemegang Saham Pengendali (PSP) Gubernur Kalbar, Sutarmidji itu berhasil mengoleksi 17 penghargaan dari berbagai lembaga pemeringkat independen pada tahun 2022.

Sementara untuk tahun 2023 ini, Bank Kalbar sebagai institusi juga dinobatkan sebagai “Indonesia Best BUMD Awards 2023 in Innovation of Comprehensive Banking Services and Solutions” kategori BPD dari WartaEkonomi.co.id Research and Consulting pada ajang Indonesia Best BUMD Awards 2023 Improving Regional Accessibility Towards A Sustainable Economy.

Baca Juga :  Syarief Hasan Tegaskan Empat Pilar MPR RI Harus Terus Dijaga

Rokidi dalam keterangan persnya mengungkapkan, bahwa semua yang diperoleh Bank Kalbar tidak lepas dari campur tangan Allah SWT, sehingga semuanya patut mensyukuri karunia-Nya.

“Kepada seluruh karyawan Bank Kalbar, saya berpesan untuk tidak berpuas diri atas capaian yang diperoleh, terus memacu kinerja dengan berbagai inovasi, terus meningkatkan diri dengan belajar, terus meningkatkan budaya patuh dan budaya kerja berbasis risiko,” sampai Rokidi.

Pria dengan pembawaan humble itu turut mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan maksimal kepada Bank Kalbar, terutama kepada Gubernur Kalbar selaku pemegang saham pengendali, serta seluruh pemegang saham Bank Kalbar yang selalu memberikan dukungan permodalan kepada bank yang dipimpinnya.

Ucapan terima kasih juga ia sampaikan kepada seluruh nasabah setia Bank Kalbar, seluruh masyarakat Kalbar, Anggota DPRD provinsi dan kota se-Kalbar serta berbagai pihak, dengan harapan untuk terus memberikan dukungan kepada Bank Kalbar dengan memanfaat seluruh produk dan jasa Bank Kalbar dalam setiap transaksi keuangannya. (Jau)

Comment