Pemkab Kayong Utara Gelar Forum Konsultasi Publik RKPD Tahun 2024

KalbarOnline, Kayong Utara – Bupati Kayong Utara, Citra Duani hadiri sekaligus membuka Forum Konsultasi Publik Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2024, di Aula Istana Rakyat, pada Senin (06/02/2022).

Dalam sambutannya, Citra mengatakan, bahwa RKPD tahun 2024 merupakan salah satu tahapan penting sekaligus merupakan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan serta beberapa peraturan pelaksanaannya.

Menurutnya, Pemkab Kayong Utara berkewajiban untuk melaksanakan amanat undang-undang tersebut dalam penyusunan dokumen perencanaan yang berfungsi sebagai landasan yuridis dan operasional.

“Seiring dengan dinamika pembangunan, dokumen RKPD yang disusun selain untuk memenuhi amanat peraturan perundang-undangan, juga bertujuan untuk dapat mengatasi permasalahan aktual pembangunan, mengakomodir berbagai harapan masyarakat,” kata Citra.

Baca Juga :  Rakor Terkait Inflasi: Wabup Ketapang Laporkan Soal Kondisi Jalan kepada PJ Gubernur Kalbar

Kemudian Citra juga mengatakan, dalam penyusunan RKPD tahun 2024, Pemkab Kayong Utara tetap memperhatikan keselarasan target indikator makro dan program prioritas nasional dalam RPJMN tahun 2020-2024, kesesuaian sasaran pokok dan arah kebijakan RPJPD Kayong Utara sampai tahun 2025.

“Terkait dengan prioritas pembangunan RPJPD Kayong Utara terhadap 4 indikator pembangunan yaitu, peningkatan Indek Pembangunan Manusia (IPM), peningkatan pertumbuhan ekonomi, penurunan angka kemiskinan, dan penurunan persentase Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT),” tukasnya.

Baca Juga :  Tumbuhkan Kompetensi dan Kreativitas Anak dengan Bercerita

Untuk itu, ia berharap kepada seluruh aparatur sipil negara (ASN) Kayong Utara serta OPD terkait agar dapat bersinergi untuk melanjutkan dan meningkatkan pembangunan pada tahun 2024.

“Saya harap, kita dapat melanjutkan dan meningkatkan yang sudah kita capai, kemudian melakukan koreksi, perbaikan terhadap hal-hal yang kita anggap kurang tepat, sehingga apa yang kita targetkan pada tahun 2024 mendatang, khususnya indikator makro pembangunan, baik pembangunan sosial maupun pembangunan ekonomi dapat mencapai diatas rata-rata provinsi dan nasional,” tutup Bupati Citra. (Santo)

Comment