Semaraknya Malam Puncak Cap Go Meh 2574 di Ketapang, Wabup Farhan Lepas Pawai Keliling Kota

KalbarOnline, Ketapang – Malam puncak perayaan Cap Go Meh 2574 di Kabupaten Ketapang berlangsung semarak, pada Minggu (05/02/2023). Antusiasme masyarakat terlihat sangat tinggi untuk menyaksikan Pawai Cap Go Meh yang dilepas secara langsung oleh Wakil Bupati Ketapang, Farhan.

Pawai yang merupakan satu rangkaian dari perayaan Tahun Baru Imlek tahun 2023 tersebut dilepas di Klenteng Tua Pek Kong Ketapang. Rombongan pawai tesebut berkeliling kota dengan rute yang telah ditentukan panitia.

Wabup Farhan dalam kesempatan itu menyambut baik serta mengapresiasi Yayasan Tri Dharma serta Panitia Cap Go Meh yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut.

“Malam hari ini tentu malam yang  berbahagia bagi umat Konghucu yang telah melaksanakan perayaan Imlek dan malam ini Cap Go Meh. Ini tentu merupakan kegiatan keagamaan dan tradisi yang turun temurun,” ujar Farhan.

Baca Juga :  Pemkab Ketapang Akan Bangun Rumah Sakit Pratama di Kecamatan Sandai

Lebih lanjut beliau mengatakan, bahwa  masyarakat Ketapang menyambut baik dan memberikan toleransi kehidupan beragama dalam mengembangkan tradisi yang merupakan khasanah dari budaya Kabupaten Ketapang.

“Budaya seperti ini tentu dapat dikembangkan terus dari waktu ke waktu, dan kita harus akui, dua tahun lalu karena ada Covid-19 tidak dapat kita laksanakan. Oleh karena itu pada tahun ini, kita melaksanakan kegiatan ini dan disambut meriah oleh masyarakat,” tutur beliau.

Wakil Bupati Ketapang, Farhan melepas Pawai Cap Go Meh, pada Minggu (05/02/2023) malam. (Foto: Adi LC)
Wakil Bupati Ketapang, Farhan melepas Pawai Cap Go Meh, pada Minggu (05/02/2023) malam. (Foto: Adi LC)
Wakil Bupati Ketapang, Farhan berfoto bersama pada malam puncak perayaan Cap Go Meh tahun 2023, Minggu (05/02/2023). (Foto: Adi LC)
Wakil Bupati Ketapang, Farhan berfoto bersama pada malam puncak perayaan Cap Go Meh tahun 2023, Minggu (05/02/2023). (Foto: Adi LC)

Selain itu menurut Wabup Farhan, kegiatan ini dapat terkalender menjadi kegiatan pariwisata, sehingga para wisatawan dapat menyaksikan acara Cap Go Meh yang rutin digelar setiap tahunnya di Ketapang.

Baca Juga :  Laporkan Keuangan Tepat Waktu, WHW Raih Penghargaan LKTP 2019 dari Kementerian Perdagangan

“Kegiatan ini menjadi sebuah kebangkitan secara terus menerus Kabupaten Ketapang, hingga ini juga dapat memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat,” ucapnya.

Selanjutnya, beliau juga berharap agar masyarakat tetap menjaga ketertiban dan keamanan, terutama dalam berlalu lintas dan memberikan toleransi serta kesempatan kepada umat Konghucu dalam memperingati Cap Go Meh.

“Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan, kemurahan rezeki dan umur yang yang panjang, sehingga kita dapat bertemu kembali pada acara Cap Go Meh pada tahun yang akan datang,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Cap Go Meh sendiri merupakan perayaan yang dilakukan pada malam ke-15 setelah Tahun Baru Imlek menurut penanggalan China. (Adi LC)

Comment