Lahan Parkir PT BFT Terbakar, Diduga Dipicu dari Pembakaran Sampah

KalbarOnline, Kubu Raya – Lahan parkir PT Borneo Family Transport (BFT) yang berlokasi di KM 12 Dusun Parit Meliau, Desa Sungai Ambawang Kuala, Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya, terbakar pada Sabtu (04/02/2023) kemarin.

Salah seorang saksi, Saini yang merupakan karyawan PT BFT mengatakan, kalau api bermula dari tempat sampah yang dibakar oleh karyawan PT BFT, kemudian api tersebut menjalar ke pipa ground yang terbuat dari plastik yang disimpan di area parkir.

Hanya dalam waktu yang tak begitu lama, api pun membesar dan mengenai 1 unit forklift dan 1 excavator yang terparkir dekat dengan pipa yang terbakar.

Salah seorang warga setempat, Hermanto mengaku mengetahui adanya kebakaran itu pada saat ia sedang istirahat di rumah Saini. Di mana tiba-tiba ia mendapatkan telepon dari seorang warga yang menyatakan telah terjadi kebakaran di dekat rumah Saini.

Hermanto pun bergegas ke tempat kejadian dan melihat bahwa api sudah membesar, dan selanjutnya ia menghubungi petugas pemadam kebakaran Sungai Ambawang dan pihak Kepolisian Sektor (Polsek) Sungai Ambawang.

Kapolres Kubu Raya, AKBP Arief Hidayat melalui Kapolsek Ambawang, IPDA Surya Boy Michael Sihaloho mengatakan, bahwa api baru dapat dipadamkan pada jam 23.46 WIB oleh tim pemadam kebakaran gabungan, yang berasal dari Pemkab Kubu Raya, Sungai Raya, Damkar Wonodadi, Damkar Teluk Kapuas, PK Bintang Timur, PK Siaga, PK Bhakti Raya, PK Mitra Perum 3, Merdeka, BPBJ Hikmah, Hunter, Damkar Parwasal, BPK Harmed, Relawan Pemadam Siantan Hulu, BPAS dan Redam 22.

“Kebakaran yang terjadi di lahan parkir PT BFT menghanguskan sebagian besar pipa ground, forklift dan excavator. Diduga pemicunya pembakaran sampah oleh karyawan PT BFT yang pada saat meninggalkan lokasi tidak memastikan api (telah) padam,” terang Boy.

“Dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa dan untuk kerugian materil belum bisa dikalkulasikan,” sambung Boy. (Jau)

Sumber: Humas Polres Kubu Raya/Aipda Ade

Comment