Warga Antusias Saksikan Karnaval Naga dan Barongsai di Kota Pontianak

KalbarOnline, Pontianak – Masyarakat begitu antusias menyaksikan karnaval naga dan barongsai yang merupakan rangkaian dari kemeriahan Cap Go Meh 2574 tahun 2023, di Yayasan Bakti Suci, Jalan Gajah Mada, Kota Pontianak, Minggu (05/02/2023). Ruas Jalan Gajah Mada bahkan sempat ditutup sementara bagi pelaksanaan pawai naga dan barongsai itu.

Tampak hadir dalam kemeriahan itu Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, Ketua DPRD Kota Pontianak, Satarudin dan tamu undangan lainnya. Sementara, tamu yang masih dinantikan kehadirannya yakni Menteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur Kalbar, Sutarmidji.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengatakan, setelah melewati pandemi, kegiatan Festival Cap Go Meh sudah mulai bangkit kembali. Hal itu dengan digelarnya secara terbuka Festival Cap Go Meh tahun ini.

Baca Juga :  Tiadakan Berbagai Event, Upacara Terbatas Peringati Harjad Pontianak ke-249

“Tahun ini berbagai penyelenggaraan kegiatan besar termasuk Cap Go Meh sudah mulai kembali bergeliat, dan ini sangat dinantikan oleh masyarakat,” tuturnya.

Ia berharap, masyarakat yang datang menyaksikan Karnaval Naga dan Barongsai bisa tertib dan menjaga kebersihan. Sebab jumlah pengunjung dipastikan lebih ramai dari tahun sebelumnya.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono dan Ketua DPRD Kota Pontianak, Satarudin tampak hadir di lokasi acara, di Yayasan Bakti Suci, Jalan Gajah Mada, Kota Pontianak. (Prokopim/Kominfo For KalbarOnline.com)
Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono dan Ketua DPRD Kota Pontianak, Satarudin tampak hadir di lokasi acara, di Yayasan Bakti Suci, Jalan Gajah Mada, Kota Pontianak. (Prokopim/Kominfo For KalbarOnline.com)

“Kami imbau warga yang datang menyaksikan Pawai Naga dan Barongsai lebih tertib dan tidak membuang sampah sembarangan,” sampainya.

Ketua Panitia Festival Cap Go Meh Kota Pontianak, Hendry Pangestu Lim menerangkan, Karnaval Naga dan Barongsai yang digelar hari ini merupakan puncak dari Festival Cap Go Meh di Kota Pontianak. Naga yang tampil pada karnaval ini berjumlah 26 naga. Adapun rute yang dilewati mulai dari Jalan Gajah Mada hingga Jalan Budi Karya.

Baca Juga :  Resmi Jabat Kadishub Pontianak, Trisna Ibrahim akan Kerahkan Petugas Benahi Parkiran

“Sesi pertama mulai pukul 12.30 WIB, kemudian untuk sesi kedua Pawai Naga Bersinar pada malam hari mulai pukul 19.30 WIB,” ujarnya.

Hendry mengatakan, rangkaian acara akan ditutup dengan pembakaran naga di Yayasan Bhakti Suci Sungai Raya pada keesokan harinya.

“Setelah dibakar maka selesai semua acara Festival Cap Go Meh tahun ini,” imbuhnya. (Jau)

Comment