Gubernur Sutarmidji Terima Tiga Ekor Naga dan Barongsai di Pendopo Gubernur

KalbarOnline, Pontianak – Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji menerima tiga replika naga serta atraksi barongsai lainnya yang mengunjungi Pendopo Gubernur Kalimantan Barat, Jalan Ahmad Yani, Jumat (03/02/2023) siang.

Kunjungan replika naga tersebut, disambut hangat Gubernur Kalbar beserta keluarga untuk menyaksikan atraksi replika naga di halaman Pendopo Gubernur Kalbar.

Sebagai informasi, dalam tradisi Tionghoa, naga atau yang kerap disebut liong dan barongsai atau singa–dipercayai sebagai dua hewan penjaga gerbang rumah yang mendatangkan keberuntungan. Keberuntungan tersebut bisa berupa kesehatan, kekayaan, kegembiraan dan kebijaksanaan.

Baca Juga :  Angkut Kayu Ulin, Dump Truck Diamankan Polisi

Masyarakat Tionghoa tradisional yakin, bahwa pertunjukan tarian naga dan singa saat perayaan Imlek merupakan salah satu cara untuk berdoa. Selain mendatangkan keberuntungan, tarian naga dan singa juga bertujuan untuk mengusir roh jahat.

Baca Juga :  Pemuda Rirang Jati Kenalkan Wisata Alam Baru Bukit Burang

Di mana singa adalah hewan yang melambangkan kekuatan, ketangkasan dan keberanian. Sedangkan naga melambangkan kebijaksanaan, ketenangan dan umur panjang. (Jau/berbagai sumber)

Comment