Pemkab Kayong Utara Gelar Upacara Peringatan HUT Pemprov Kalbar ke-66

KalbarOnline, Sukadana – Pemerintah Kabupaten Kayong Utara menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-66 Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, di halaman Kantor Bupati, Sukadana, Sabtu (28/01/2023).

Bertindak sebagai inspektur upacara, Wakil Bupati Kayong Utara, Effendi Ahmad membacakan sambutan Gubernur Kalimantan Barat dengan tema “Kalbar Maju Lingkungan Hidup Lestari Dalam Keberagaman”.

Wabup Effendi menyampaikan, usia yang ke-66 ini menjadi momentum bagi kita untuk lebih maju di masa yang akan datang. Ia mengatakan, bahwa pelaksanaan pembangunan di Provinsi Kalbar terus mengalami kemajuan dari waktu ke waktu.

“Kemajuan tersebut dapat dilihat dari capaian desa mandiri dimana pada tahun 2018 silam hanya terdapat 1 desa mandiri di Provinsi Kalimantan Barat yang selanjutnya meningkat signifikan menjadi 586 desa mandiri pada tahun 2022,” ungkapnya.

“Keberhasilan tersebut juga diikuti dengan keberhasilan Provinsi Kalimantan Barat dalam mengentaskan status desa sangat tertinggal,” sambung Wabup Effendi.

Kemudian, Provinsi Kalimantan Barat juga mencatatkan keberhasilan di bidang ekonomi, di mana pertumbuhan ekonomi Kalimantan Barat pada triwulan ketiga tahun 2022 mencatatkan pertumbuhan yang tinggi yaitu sebesar 6,48 persen.

“Pertumbuhan ekonomi Kalimantan Barat tersebut merupakan pertumbuhan ekonomi tertinggi di regional Kalimantan dan lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional,” kata dia.

Baca Juga :  Upayakan Jaringan Internet di Desa Padang, Bupati Citra Datangkan DNE Network Jakarta

Sejalan dengan hal tersebut, persentase penduduk miskin Kalimantan Barat pun terus mengalami penurunan menjadi 6,81 persen meskipun di tengah kondisi pandemi Covid-19.

“Selanjutnya, Provinsi Kalimantan Barat terus bergerak maju dalam mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas. Hal ini dapat dilihat pada capaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tertinggi keempat secara nasional dan lebih tinggi dari laju pertumbuhan IPM nasional,” papar Wabup Effendi.

Sementara itu, keberhasilan yang telah diraih oleh Provinsi Kalimantan Barat membuktikan bahwa program-program prioritas pembangunan Kalimantan Barat yang sudah direncanakan dan dilaksanakan telah tepat sasaran serta membawa perbaikan yang signifikan dalam mengakselerasi keberhasilan pembangunan di Provinsi Kalimantan Barat. 

“Kolaborasi dan sinergitas pembangunan yang telah dibangun serta dimotori oleh semangat kerja dan program-program pembangunan yang tepat sasaran, merupakan modal dasar yang harus dipelihara dan ditingkatkan dalam menjawab tantangan pelaksanaan pembangunan di masa-masa yang akan datang,” ucapnya.

Selanjutnya, melalui peringatan HUT ini, ia mengajak semua pihak untuk melihat kembali kontribusi dan karya nyata pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan di Provinsi Kalbar.

Baca Juga :  Purnabakti Sekda Hilaria, Bupati Citra: Terima Kasih Atas Dedikasinya Membangun Kayong Utara

“Kemajuan pelaksanaan pembangunan serta modernisasi tentunya membawa konsekuensi bersamanya, salah satunya adalah kelestarian lingkungan hidup. Saya mengajak kita semua untuk merapatkan barisan dan saling bergandengan tangan dalam membangun serta menghadapi segala tantangan pembangunan di masa yang akan datang,” paparnya.

“Saya yakin dan percaya bahwa Provinsi Kalimantan Barat yang kita cintai ini akan mampu melalui berbagai tantangan dan tumbuh lebih maju di masa yang akan datang,” tambah Wabup Effendi.

Selanjutnya, dalam rangka mendukung pelaksanaan pembangunan harus ditopang oleh sumber daya manusia yang berdaya saing dan berkualitas.

“Sumber daya manusia tersebut harus siap berkompetisi secara global, bebas, dan terbuka. Saya mengajak kita semua untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia dan menciptakan generasi-generasi yang cerdas, sehat, produktif, dan inovatif,” ucapnya.

Untuk itu, lanjut Wabup Effendi, segala upaya yang telah dan akan kita laksanakan, membawa Provinsi Kalimantan Barat semakin maju di masa yang akan datang.

“Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala, Tuhan yang esa selalu menyertai, memudahkan setiap iringan langkah kita,” tutup Wabup Effendi. (Prokopim)

Comment