Rangkaian HUT Pemprov ke-66, Bapenda Kalbar Sajikan Kuliner Bagi Wajib Pajak

KalbarOnline, Pontianak – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Kalbar menyajikan kuliner secara gratis bagi para wajib pajak yang sedang melakukan pembayaran pajak di Kantor UPT PPD Pontianak Wilayah I, Senin (30/01/2023).

Kepala Bapenda Provinsi Kalbar, Mohammad Bari menyampaikan, bahwa sajian kuliner bagi wajib pajak ini digelar dalam rangka peringatan HUT ke-66 Pemprov Kalbar.

“Jadi kita sediakan hidangan gratis untuk para wajib pajak yang datang pada hari ini. Sehingga mereka juga bisa merasakan kebahagiaan (HUT Pemprov Kalbar). Kita harap masyarakat bisa ikut sarapan dan ada dibagikan snack gratis serta doorprize pada hari ini,” katanya.

Selain untuk memeriahkan HUT Pemprov Kalbar tahun 2023, sajian kuliner tersebut turut dimaksudkan sebagai upaya guna mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dan sekaligus untuk bersilaturahmi langsung dengan para wajib pajak.

“Dan menyapa langsung (para wajib pajak), juga berupaya dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga terjalin komunikasi terutama dalam hal berkaitan dengan pembayaran pajak kendaraan bermotor dan BBNKB di Samsat Pontianak,” kata Bari.

Ia menyampaikan, bahwa kegiatan serupa juga akan dilakukan di UPT-UPT lainnya. Selain dalam momen HUT, pihaknya juga mempunyai program Jumat Berkah, yang menyajikan hidangan gratis kepada masyarakat.

“Untuk saat ini dilakukan dulu hanya di UPT Wilayah I, tapi nanti Insya Allah kedepannya ke UPT lainnya. Kami juga mempunyai program Jumat Berkah, jadi kita sediakan juga hidangan gratis bagi wajib pajak,” ungkapnya.

Sementara itu, salah seorang warga Kabupaten Kubu Raya, Suripah mengaku senang dengan sajian kuliner yang diberikan oleh Bapenda Provinsi Kalbar dalam rangka HUT ke-66 Pemprov Kalbar.

Baca Juga :  Pemusnahan Sabu 1 Kg

“Ke Samsat ini mau ambil KB mobil, ternyata ada makanan gratis yang disediakan oleh Samsat Pontianak, semoga kedepannya, Kalbar makin sukses, dan kawan-kawan yang bayar pajak juga amanah dan tertib bayar pajak,” ungkapnya.

Suripah menerangkan, bahwa tahun ini merupakan tahun pertamanya mengurus pajak secara langsung di Kantor Samsat Pontianak. Ia berharap, di usianya yang ke-66, kinerja Pemprov Kalbar terus dapat meningkat, utamanya dari sisi pelayanan kepada masyarakat.

“Untuk tahun ini menjadi tahun pertama saya ke sini dan beruntung sekali dapat hadiah. Dan tahun ini juga Kalbar berusia ke-66 tahun, semoga dari sisi pelayanan terus meningkat,” ucap Suripah.

Genjot Pendapatan Lebih Tinggi dengan Memaksimalkan Pelayanan

Lebih jauh Bari mengungkapkan, untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat, pihaknya juga akan terus menggencarkan sosialisasi-sosialisasi terkait pajak kedepannya, terkait soal kemudahan membayar dan lain sebagainya.

Sosialisasi yang dilakukan pun turut menyasar pada jejaring media sosial (medsos) khusus milik Bapenda Kalbar sendiri, seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lainnya.

“Akan lebih kita optimalkan melalui beberapa medsos dan media lainnya, tentu itu kita terus lakukan agar masyarakat selalu mengetahui perkembangan terhadap informasi pembayaran misalnya, tentang pemutihan dan kemudahan pembayaran di samsat kita,” terangnya.

Terkait dengan pemutihan pajak, bari membocorkan bahwa dalam waktu dekat ini, program tersebut akan direalisasikan.

Alhamdulillah biasanya masyarakat menunggu program pemutihan, Insya Allah dalam waktu dekat melalui perintah Pak Gubernur, kita akan melakukan program pemutihan berdasarkan kebijakan yang Pak Gubernur ambil untuk pajak kendaraan bermotor, termasuk penghapusan denda pajak. Tunggu saja nanti dalam waktu dekat,” tutur Bari.

Baca Juga :  12 Tahun Menanti, Suwandi Akhirnya Berangkat Haji

Ia menyatakan, pihaknya akan berupaya menggenjot pendapatan daerah secara maksimal di tahun 2023 ini. Sekurang-kurangnya harus lebih tinggi dari tahun sebelumnya.

“Target 2023 ini meningkat dari tahun 2022,  tapi kami di bapenda optimis menyongsong untuk pencapaian target di 2023, Insya Allah mudah-mudahan paling tidak sama dengan tahun 2022 atau bahkan lebih meningkat lagi 2023,” ucapnya.

“Saya selalu meminta jajaran saya untuk selalu semangat menjalankan visi misi Pak Gubernur dalam meningkatkan PAD Kalbar,” tambah Bari.

Oleh karenanya, ia pun berharap masyarakat dapat memanfaatkan program yang sudah dilaksanakan Pemprov Kalbar dalam hal ini Bapenda Provinsi Kalbar untuk memanfaatkan program pembayaran penghapusan pajak dan pokok pajaknya sendiri.

“Sehingga dalam rangka menyikapi kebijakan pemerintah pusat terkait penghapusan data kendaraan, kami segera lakukan sosialisasi juga bersama Jasa Raharja dan Dirlantantas Polda Kalbar untuk menginformasikan kepada masyarakat untuk sesegera mungkin melakukan pembayaran pajak bermotor-nya,” kata Bari.

Bari pun menekankan, kalau pajak yang dihasilkan tersebut akan dikembalikan kepada masyarakat dalam bentuk lain, yakni pembangunan, peningkatan kesejahteraan dan seterusnya.

“Pajak kita yang paling utama untuk kebutuhan pembangunan Kalbar, baik jalan dan lainnya, untuk kebutuhan masyarakat Kalbar juga. Saya ucapkan terima kasih masyarakat yang sudah bayar pajak dan semoga masyarakat yang bayar pajak juga ikut berpartisipasi dalam pembangunan Kalbar,” tuntasnya. (Jau)

Comment