PKK Pontianak Gelar Donor Darah Serentak HUT ke-66 Pemprov Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono turut berpartisipasi mendonorkan darahnya pada kegiatan Donor Darah Serentak se-Kalimantan Barat (Kalbar) yang digelar Tim Penggerak (TP) PKK Kota Pontianak di PMI Kota Pontianak, Rabu (25/01/2023).

Donor darah yang digelar secara serentak oleh TP PKK kabupaten/kota se-Kalbar ini dalam rangka HUT ke-66 Pemerintah Provinsi Kalbar tahun 2023.

Edi sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan donor darah ini sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama. Ia berharap para peserta donor darah yang berpartisipasi pada kegiatan ini bisa mulai menjadi pendonor rutin.

“Dan yang sudah rutin berdonor lebih semangat lagi untuk terus mendonorkan darahnya dalam membantu sesama terutama mereka yang membutuhkan darah,” ujarnya usai mendonorkan darah di PMI Kota Pontianak.

Ia mengajak warga untuk ikut mendonorkan darahnya. Menurutnya, kebutuhan darah di Kota Pontianak masih sangat diperlukan oleh masyarakat Pontianak. Rerata kebutuhan darah di Pontianak sebanyak 120 kantong per hari, bahkan sampai 150 kantong.

“Untuk itu, dari pendonor-pendonor darah inilah yang sangat membantu memenuhi kebutuhan stok darah di Kota Pontianak,” imbuhnya.

Ketua TP PKK Kota Pontianak, Yanieta Arbiastutie menyemangati para pendonor yang mendonorkan darahnya pada kegiatan Donor Darah Serentak yang digelar PKK se-Kalbar dalam rangka HUT ke-66 Pemprov Kalbar. (Foto: Prokopim For KalbarOnline.com)
Ketua TP PKK Kota Pontianak, Yanieta Arbiastutie menyemangati para pendonor yang mendonorkan darahnya pada kegiatan Donor Darah Serentak yang digelar PKK se-Kalbar dalam rangka HUT ke-66 Pemprov Kalbar. (Foto: Prokopim For KalbarOnline.com)

Ditambahkannya, manfaat donor darah tidak hanya dirasakan oleh penerima donor saja, melainkan juga pendonor. Banyak manfaat dari donor darah bagi kesehatan.

“Melalui donor darah, salah satunya kadar zat besi dalam tubuh dapat menjadi lebih stabil dan menurunkan resiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah,” jelasnya.

Ketua TP PKK Kota Pontianak, Yanieta Arbiastutie menerangkan, aksi kemanusiaan yang digelar secara serentak oleh TP PKK se-Kalbar ini masih dalam rangkaian HUT ke-66 Pemprov Kalbar. Partisipasi pendonor yang mendonorkan darahnya diharapkan bisa membantu masyarakat yang membutuhkan.

Alhamdulillah, TP PKK Kota Pontianak hari ini bisa melaksanakan aksi sosial donor darah bertepatan dengan HUT ke-66 Pemprov Kalbar,” katanya.

BACA JUGA:  Wako Edi Klaim Pertumbuhan Ekonomi Pontianak Mulai Membaik, Segini Angkanya

Menurutnya, pendonor yang menyumbangkan darahnya, membantu orang lain yang sangat membutuhkan darah adalah pahlawan. Ia pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pendonor yang telah mendonorkan darahnya.

“Setiap tetes darah yang disalurkan mampu menyelamatkan nyawa, terima kasih kepada seluruh pendonor yang mungkin ada yang telah rutin mendonorkan darahnya maupun yang pertama kali,” pungkasnya. (Jau)

Comment