Sekda Ketapang Buka Sosialisasi Program Penguatan Konservasi Sumber Daya Alam

KalbarOnline, Ketapang – Sekda Ketapang, Alexander Wilyo membuka kegiatan Sosialisasi Program Tingkat Kabupaten terkait Penguatan Konservasi Sumber Daya Alam Berbasis Masyarakat dan Praktik Komoditas Berkelanjutan, Selasa (24/01/2023).

Kegiatan tersebut bertujuan sebagai upaya peningkatan sumber daya pencaharian masyarakat dan akses rantai pasok berkelanjutan di Kabupaten Ketapang.

Adapun sosialisasi program tingkat kabupaten tersebut merupakan kerjasama proyek antara Mitra Pembangunan Ketapang (MPK) dengan USAID Segar, dalam program pengembangan mangrove yang berlokasi di Kecamatan Matan Hilir Selatan dan Matan Hilir Utara.

Sekda dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada MPK bersama USAID Segar yang telah memilih Kabupaten Ketapang sebagai lokasi kegiatan program penguatan konservasi mangrove yang berada di beberapa desa, yaitu di Kecamatan Matan Hilir Selatan dan Kecamatan Matan Hilir Utara.

Baca Juga :  Forum Satu Data Pemkot Pontianak Komitmen Perbaharui dan Validasi Data

“Saya berharap kegiatan ini terus berkelanjutan dan lebih luas lagi cakupannya, sehingga bisa memberikan kemajuan bagi Kabupaten Ketapang,” ucapnya.

Lebih lanjut menurut Alexander, jika kegiatan ini berkembang menjadi lokasi wisata, akan menjadi potensi besar untuk menciptakan peluang peningkatan ekonomi bagi masyarakat.

Selain itu, Sekda Ketapang juga menjelaskan, bahwa sumber daya alam merupakan modal pembangunan nasional dan sekaligus sebagai penopang sistem kehidupan.

Baca Juga :  Harisson Buka Kick Off RPJPD Provinsi Kalbar 2025 - 2045

“Sumber daya alam yang lestari akan menjamin tersedianya sumber daya yang berkelanjutan bagi pembangunan, oleh karena itu, untuk mewujudkan Kabupaten Ketapang yang maju, sumber daya alam harus dikelola secara seimbang untuk menjamin keberlanjutan pembangunan,” ujarnya.

“Saya mendukung dan menyambut baik kegiatan sosialisasi program yang dilaksanakan hari ini, yang mana memiliki arti yang sangat penting dan strategis dalam upaya kita bersama dalam mengoptimalkan penguatan konservasi sumber daya alam, menjaga dan mempertahankan daya dukung dan fungsi lingkungan hidup untuk generasi masa depan,” pungkasnya. (Adi LC)

Comment