Pontianak Siap Sambut Wisatawan Jelang Imlek dan Cap Go Meh

KalbarOnline, Pontianak – Menjelang perayaan Tahun Baru Imlek 2574 dan Cap Go Meh 2023, kunjungan tamu dan wisatawan domestik maupun mancanegara ke Kota Pontianak diperkirakan terjadi lonjakan, baik yang tujuannya berkunjung ke Pontianak maupun transit untuk lanjut ke Kota Singkawang.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengungkapkan, masyarakat yang merayakan Imlek di Pontianak maupun yang berkunjung ke Singkawang pasti melintasi Kota Pontianak. Ia berharap aktivitas ini berdampak pada roda perekonomian di kota ini.

“Tentunya ini menjadi angin segar bagi perekonomian di Kota Pontianak terutama sektor UMKM dan ekonomi kreatif. Para tamu pastinya berbelanja, menikmati kuliner dan membeli oleh-oleh di Pontianak,” ungkapnya usai mengikuti rapat koordinasi (rakor) lintas sektoral pengamanan Imlek 2574 dan Cap Go Meh di Aula Mapolresta Pontianak, Kamis (19/01/2023).

Baca Juga :  Indeks Kemandirian Fiskal Pontianak Berstatus 'Menuju Mandiri'

Selain di Singkawang, agenda perayaan Imlek dan Cap Go Meh juga digelar di Pontianak–yang diselenggarakan oleh Komunitas Tionghoa, seperti Festival Kuliner di Jalan Diponegoro, arak-arakan naga dan barongsai serta kegiatan budaya lainnya. Oleh sebab itu, dirinya berharap dukungan dari seluruh masyarakat untuk membuat pengunjung merasa nyaman berada di Pontianak.

“Mari kita bersama-sama menjaga Kota Pontianak tetap kondusif, sehingga siapapun yang berkunjung ke Pontianak merasa aman dan nyaman,” pesannya.

Terkait dengan tujuan pelaksanaan rakor yang digelar di Polresta Pontianak, Edi menerangkan, yakni dalam rangka persiapan dan memastikan kelancaran perayaan Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh di Kota Pontianak.

Baca Juga :  Dapoer Ramadan Saga ASTON Pontianak Sajikan Menu Rumahan dan Kuliner Nusantara

“Dengan adanya rakor ini diharapkan perayaan Imlek dan Cap Go Meh di Kota Pontianak berjalan lancar,” kata Edi.

Ia menambahkan, rapat koordinasi tersebut membahas sejumlah agenda, antara lain mengenai penyelenggaraan, pengamanan titik rawan dan kelancaran lalu lintas. Perayaan Imlek dan Cap Go Meh tahun ini pun diharapkan bisa menarik minat warga dan wisatawan datang ke Kota Pontianak.

“Kebersihan juga harus dijaga, jangan sampai ada kegiatan justru Kota Pontianak malah kotor,” ucapnya. (Jau)

Comment