Musrenbang Tingkat Kelurahan Bansir Darat, Prioritaskan Bangun Jalan Kota dan Drainase

KalbarOnline, Pontianak – Jalan kota dan drainase menjadi prioritas usulan masyarakat Kelurahan Bansir Darat pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2024 yang dilaksanakan pada Selasa 17 Januari 2023.

Lurah Bansir Darat, Ita Rosmayanty memaparkan, pembangunan jalan-jalan kota sudah terlaksana dari hasil musrenbang sebelumnya dan akan dilanjutkan pada beberapa titik jalan lainnya, seperti yang sudah terlaksana di Jalan Sepakat 2.

“Beberapa jalan dan drainase kota belum ada, padahal itu akses utama masyarakat setempat. Contohnya ada di Jalan Parit Cahya Baru Gang Suryadi yaitu Kampung Keluarga Berkualitas (KB) dan di Jalan Sepakat 2,” terangnya usai musrenbang.

Rosmayanty menuturkan musrenbang kali ini mengusung tema “Penguatan Kolaborasi untuk Pembangunan Ekonomi Inklusif yang Didukung Kondisi Aman dan Tertib”. Kerjasama antar OPD terus terjalin guna mencapai target usulan.

Baca Juga :  Hadiri Halal bihalal Keluarga Besar Masyarakat Sintang dan Melawi, Ria Norsan: Tetap Jaga Silaturahmi

“Kita juga minta bantuan dinas terkait khusus menangani permintaan kelompok masyarakat seperti budidaya ikan, itu kita bantu dengan bantuan benih,” ungkapnya.

Pemberdayaan kelompok masyarakat juga turut jadi fokus perhatian pihaknya. Untuk di wilayah Bansir Darat, pengembangan Kampung KB Cahya Baru akan digencarkan.

Selain dari sisi infrastruktur yang ada, Rosmayanty akan menggelar pula pelatihan secara berkala bagi masyarakat yang tinggal di kampung tersebut.

“Untuk peningkatan keterampilan mereka, sehingga harapannya meningkatkan produktivitas kemudian tercipta kemandirian ekonomi,” ujarnya.

Baca Juga :  Muswil V DMI Kalbar, Edi Minta Maksimalkan Peran Masjid

Rosmayanty menjelaskan, Kampung KB Cahya Baru sudah terbentuk sejak 2017, program itu diinisiasi oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional atau BKKBN dengan tujuan menambah tingkat kesejahteraan masyarakat.

“Kampung KB dibuat bagi masyarakat yang prasejahtera. Itu jadi atensi kami bersama instansi terkait, agar masyarakat di sana sejahtera,” ujarnya.

Sebanyak 141 usulan telah disampaikan pada Musrenbang Kelurahan Bansir Darat. Dari angka itu dibagi menjadi tiga bidang. Yaitu 110 usulan di bidang infrastruktur, 24 usulan di bidang ekonomi dan 7 usulan di bidang pemerintahan.

“Yang kita akan prioritaskan jalan kota, drainase kota dan jembatan kota,” pungkasnya. (Jau)

Comment