Pemprov Kalbar Dorong SMTI Pontianak Dongkrak IPM dan Kurangi Angka Pengangguran

KalbarOnline, Pontianak – Asisten Administrasi dan Umum Sekretaris Daerah Provinsi Kalbar, Alfian Salam menyampaikan, bahwa saat ini Pemprov Kalbar terus mengembangkan sekolah-sekolah, baik sekolah menengah atas maupun sekolah kejuruan, untuk menampung kesempatan belajar bagi siswa-siswi dalam rangka mendongkrak peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

“Untuk itu perlunya peningkatan adanya sekolah dan universitas serta politeknik di daerah kita, agar dapat meningkatkan IPM di Kalimantan Barat, karena untuk bidang kesehatan dan ekonomi Kalimantan Barat sudah relatif lebih baik,” ujarnya.

Hal itu disampaikan Alfian di sela-sela mengikuti kegiatan jalan santai dalam rangka reuni akbar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) SMTI Pontianak ke 55 tahun 2023, Minggu (15/01/2023).

“Untuk para Alumni agar tetap memberikan kontribusi positif dan dapat membantu Pemerintah dengan membuka dan memberikan peluang kerja kepada para lulusan SMK-SMTI Pontianak yang belum bekerja, sehingga dapat  mengurangi tingkat pengangguran di Kalimantan Barat,” terangnya.

Selain itu, dirinya juga mengharapkan agar para alumni SMK-SMTI Pontianak dalam profesi apapun dapat berperan dalam meningkatkan IPM di Kalbar, agar bisa berkontribusi baik di bidang pendidikan, kesehatan dan ekonomi.

Asisten Administrasi dan Umum Sekretaris Daerah Provinsi Kalbar, Alfian Salam memberikan sambutan dalam acara reuni akbar SMK-SMTI Pontianak ke 55 tahun 2023, Minggu (15/01/2023). (Foto: Biro Adpim For KalbarOnline.com)
Asisten Administrasi dan Umum Sekretaris Daerah Provinsi Kalbar, Alfian Salam memberikan sambutan dalam acara reuni akbar SMK-SMTI Pontianak ke 55 tahun 2023, Minggu (15/01/2023). (Foto: Biro Adpim For KalbarOnline.com)

Sebelumnya, reuni akbar SMK-SMTI Pontianak ke 55 tahun 2023 mengangkat tema “Merangkai Kisah Menjalin Silaturahmi”. Acara itu dipusatkan di halaman SMK-SMTI Pontianak Jalan Sulawesi Dalam Nomor 31 Pontianak.

Baca Juga :  Pemprov Kalbar Terus Tingkatkan Kualitas Pengelolaan Keuangan Daerah

Kegiatan reuni akbar SMK-SMTI Pontianak dirangkai dengan beberapa kegiatan, jalan santai dengan rute mengitari kawasan Jalan Sulawesi, opening ceremony yang diisi oleh tarian pelajar ekstrakurikuler SMK-SMTI Pontianak dan penyampaian beberapa sambutan, pemotongan tumpeng dan pelepasan balon serta pembagian doorprize dan class cooking dari resep kreasi chef fooding dari PT Forisa.

Usai jalan santai atau sebelum dilaksanakannya acara ceremonial reuni akbar SMK-SMTI Pontianak, Alfian Salam didampingi Kepala Sekolah SMK-SMTI Pontianak meninjau kawasan sekolah dan ruang praktek serta berbagai peralatan praktek dari siswa-siswi SMK-SMTI Pontianak.

Terkait dengan acara reuni akbar sendiri, Alfian menyampaikan apresiasi dari Pemprov Kalbar atas pelaksanaan reuni akbar tahun ini. Dirinya berharap, momentum ini menjadi motivasi untuk mengevaluasi kelembagaan pendidikan ini, agar terus mengembangkan potensi yang dimiliki sekolah dan memperbanyak mitra kerja pendidikan.

Selain itu, ia juga berharap ke depan SMTI semakin maju dan menjadi pilihan masyarakat dalam memilih lembaga pendidikan bagi generasi muda yang berwawasan di bidang Industri.

Jalan santai dalam rangka reuni akbar SMK-SMTI Pontianak ke 55 tahun 2023, Minggu (15/01/2023). (Foto: Biro Adpim For KalbarOnline.com)
Jalan santai dalam rangka reuni akbar SMK-SMTI Pontianak ke 55 tahun 2023, Minggu (15/01/2023). (Foto: Biro Adpim For KalbarOnline.com)

Pada kesempatan tersebut, Ketua Ikatan Alumni SMK-SMTI Pontianak, Mus Mulyadi mengimbau kepada seluruh alumni SMK-SMTI Pontianak untuk tetap menjaga nama baik almamater.

Baca Juga :  Pemprov Kalbar Ajak Semua Lapisan Selamatkan Bahasa dan Sastra Demi Identitas Bangsa

“Mari kita bersama-sama membangun SMK-SMTI Pontianak sesuai dengan kemampuan dan kapasitas kita dalam memaknai dan dengan semangat dalam bekerja untuk memberikan yang terbaik bagi daerah kita Kalimantan Barat, bangsa dan negara, khususnya di bidang perindustrian, sesuai dengan motto kita ‘SMTI Bersatu untuk Bangsa,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Kepala Sekolah SMK-SMTI Pontianak, Marwandi mengatakan, bahwa SMK-SMTI Pontianak siap untuk bersinergi dengan Pemprov Kalbar, dalam rangka mengembangkan kerjasama kedepannya, khususnya terkait dengan penyediaan sumber daya manusia industri dan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat terkait pengimplementasian Kurikulum Merdeka (IKM).

Kegiatan reuni akbar SMK -SMTI Pontianak tersebut turut dihadiri oleh perwakilan Lurah Akcaya Kecamatan Pontianak Selatan, para mantan kepala sekolah dan alumni SMK- SMTI Pontianak dari tahun 1968 sampai dengan 2022, para guru dan tenaga pendidik SMK- SMTI Pontianak. (Jau)

Comment