Bupati, Wakil Bupati dan Sekda Ketapang Hadiri Pelantikan Pengurus DAD Ketapang Periode 2022 – 2027

KalbarOnline, Ketapang – Bupati Ketapang, Martin Rantan bersama Wakil Bupati Ketapang, Farhan didampingi Sekda Ketapang, Alexander Wilyo, menghadiri pelantikan pengurus Dewan Adat Dayak (DAD) Ketapang masa bakti 2022 – 2027, Sabtu (14/01/2023), di Gedung Pancasila Ketapang.

Dalam pelantikan kepengurusan DAD tersebut, Heronimus Tanam terpilih sebagai Ketua DAD Ketapang periode 2022 – 2027, sebagaimana yang telah ditetapkan dalam musyawarah adat (musdat) beberapa waktu lalu.

Wakil Bupati Ketapang, Farhan, saat membacakan kata sambutan Bupati Ketapang menyampaikan, pihaknya berharap kepada pengurus DAD Ketapang yang baru dilantik agar dapat menjalankan amanah dengan baik, menjaga kekompakan dan solidaritas dalam internal Dewan Adat Dayak serta selalu menjaga keharmonisan dengan semua etnis di Kabupaten Ketapang.

Baca Juga :  Wakil Bupati Ketapang Kurban Satu Ekor Sapi

Lebih lanjut, ia meminta pengurus yang baru untuk mampu bersinergi dan mendukung semua program Pemerintah Kabupaten Ketapang, khususnya dalam rangka menyukseskan berbagai program pembangunan yang ada.

Dirinya juga berharap 4 hal kepada pengurus DAD yang baru dilantik, yakni harus siap menjadi “Pamangku Pangundang Pa’ikap”, dalam artian harus menjadi pelindung, pemelihara dan pengayom masyarakat Adat Dayak. Kemudian menjadi “Kasau Dibumbungan Panggal Kambin Turam”, yaitu menjadi tumpuan, pengaduan dan pembela masyarakat Adat Dayak.

Selanjutnya diharapkan, DAD mampu menjadi “Lundai Apai Urang Banyak, Lawang Tangga”, artinya harus adil tidak membeda-bedakan dan memperhatikan kepentingan masyarakat Adat Dayak khususnya masyarakat Adat Dayak Kabupaten Ketapang serta. Kemudian, “Bapatulian Banir Babatian Dowon Kayu”, artinya harus menjadi pendengar yang baik tidak gampang tersinggung, siap dikritik dan tidak terseret arus gejolak.

Baca Juga :  Viral, Duel Maling dan Warga di Atap Rumah

“Selamat bertugas dan berkarya untuk kemajuan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat adat Dayak di Kabupaten Ketapang,” pungkasnya.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut, Forkopimda Ketapang, staf ahli bupati, asisten sekda, kepala SKPD, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat dan lainnya. (Adi LC)

Comment