Wagub Norsan Buka Kompetisi Ketangkasan Relawan Kalbar Tahun 2023

KalbarOnline, Pontianak – Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan membuka kegiatan Kompetisi Ketangkasan Relawan Kalimantan Barat Tahun 2023 di kawasan Waterfront Taman Alun-Alun Kapuas Pontianak, Sabtu (14/01/2023).

Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari perayaan Hari Ulang Tahun Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat yang ke-66 tahun 2023.

Dalam kesempatan itu, Wagub Kalbar mengapresiasi terselenggaranya kompetisi yang diinisiasi oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Kalbar bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK Provinsi Kalbar dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Kalbar tersebut.

“Mudah-mudahan berjalan dengan lancar dan dapat membawa satu peningkatan dan prestasi yang baik untuk relawan yang tergabung dalam FAJI (Federasi Arung Jeram Indonesia Kalimantan Barat),” ucap Wagub Norsan.

Baca Juga :  Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama se – Kota Singkawang Kompak Dukung Midji - Norsan

Selanjutnya, Wagub Kalbar menyampaikan, bahwa menjadi seorang relawan tidaklah mudah, diperlukan keikhlasan dan rela berkorban dari dalam diri. Relawan pun harus siap kapanpun dan dimanapun apabila diperlukan oleh masyarakat. 

Peserta Kompetisi Ketangkasan Relawan Kalimantan Barat Tahun 2023. (Foto: Biro Adpim For KalbarOnline.com)
Peserta Kompetisi Ketangkasan Relawan Kalimantan Barat Tahun 2023. (Foto: Biro Adpim For KalbarOnline.com)

“Relawan harus selalu siap sedia. Hal ini karena datangnya bencana tidak kita ketahui dan yang paling penting pada kegiatan hari ini bukan mereka yang juara, namun yang paling penting bagaimana kita bisa memberikan pengabdian dan pertolongan yang terbaik kepada mereka yang membutuhkan,” tuturnya.

Dirinya menambahkan, selain memiliki keikhlasan dan rela berkorban, seorang relawan juga harus memiliki kemampuan yang baik atau ketangkasan dalam penyelamatan.

Baca Juga :  Emosional, Ria Norsan: Jangan Lihat Saya Sekarang Wakil Gubernur, Butuh Perjuangan Keras Untuk Sampai ke Titik Ini

“Makanya relawan apapun, baik pemadam kebakaran, ketangkasan di sungai dan laut itu harus siap setiap saat untuk menolong dan menyelamatkan jiwa manusia yang terkena bencana. Jadi relawannya harus tangkas,” terangnya.

Kemudian orang nomor dua di Kalimantan Barat ini berharap, kedepannya perlu adanya relawan yang benar-benar tangguh dan tangkas, serta tak lupa didukung dengan peralatan yang memadai, sehingga jika terjadi bencana relawan bisa bereaksi dengan cepat dan tepat.

“Jadi perlu latihan, sehebat apapun orang, kalau tidak rutin dan disiplin dalam berlatih, tidak akan berhasil,” tutupnya. (Jau)

Comment