RRI Pontianak Luncurkan Program “Ruang Terbuka”, Siap Bahas Isu Sensitif dan Kontroversi

KalbarOnline, Pontianak – LPP RRI Pontianak meluncurkan salah satu program unggulannya bernama “Ruang Terbuka”, pada Kamis (12/01/2023).

Program yang dikemas dalam bentuk talk show tersebut disiarkan langsung melalui frekuensi 104,2 FM, YouTube RRI Pro1 Pontianak dan Instagram @pro1pontianak setiap hari Kamis, mulai pukul 09.00 – 11.00 WIB.

Kepala LPP RRI Pontianak, Widhie Kurniawan menyampaikan, lahirnya program “Ruang Terbuka” ini bertujuan untuk mencerdaskan masyarakat, di mana masyarakat pun dapat ambil bagian dalam proses pembangunan serta lebih peduli terhadap persoalan yang menjadi perhatian publik.

“Ini adalah program khusus yang baru kita launching tahun ini. Di sini kita persilakan masyarakat dari berbagai lapisaan atau golongan untuk menyuarakan atau menyampaikan gagasan,” ucapnya.

Di setiap pekannya, setiap hari Kamis, “Ruang Terbuka” kata Widhie akan mengangkat pelbagai persoalan atau topik-topik penting yang selama ini menjadi keluhan masyarakat.

Baca Juga :  Satu Calon Jemaah Haji Asal Kubu Raya Dipastikan Gagal Berangkat ke Tanah Suci

“Persoalan yang kita bahas apa saja, yang menjadi perhatian atau keluhan masyarakat, termasuk tahun ini, tahun politik menuju Pemilu 2024,” kata Widhie.

Berbeda dengan talk show pada umumnya, LPP RRI Pontianak pada acara “Ruang Terbuka” mencoba untuk mengemas acara itu dengan lebih santai, namun tetap fokus pada persoalan yang dibahas.

“Kita buat lebih fresh (segar) dialognya, sehingga tidak membosankan dan narasumber yang kita hadirkan juga berkompeten di bidangnya,” katanya.

Selain isu-isu kemasyarakatan, “Ruang Terbuka” juga siap mengangkat tema-tema kontroversi yang mungkin sensitif bagi sebagian kalangan, namun dengan tetap menghadirkan narasumber dari kedua kubu, agar berimbang dan para pendengar dapat lebih tercerdaskan.

“Selain itu, dalam pembahasan yang tengah menjadi kontroversi, maka kita juga akan berupaya untuk menghadirkan pihak-pihak yang memiliki kapasitas untuk menjelaskan, sehingga dapat menyajikan informasi yang berimbang dan mencerdaskan masyarakat,” terang Widhie.

Baca Juga :  Upaya Tekan Angka Stunting, Bahasan: Fokus pada Tindakan dan Pencegahan

Lebih jauh Widhie menyampaikan, sebagai bentuk tanggung jawab menjalankan tugas selaku lembaga penyiaran publik, RRI Pontianak tetap menegaskan komitmennya melibatkan masyarakat pendengar dan pemirsa dalam setiap acara yang disajikan, terkhusus di Pro 1 atau Programa!, yang memiliki tagline “Kanal Informasi dan Inspirasi”.

“Komitmen melibatkan masyarakat tentu menjadi tujuan utama kami ya. Karena itu, saat ini masyarakat bisa memberikan berbagai masukan dan tanggapan tentunya sesuai dengan tema dialog atau talk show yang sedang berlangsung,” kata dia.

“Misalnya setiap hari Senin sampai Jumat mulai jam 07.30 sampai 10.00 pagi dan sore–itu bisa juga ikut interaktif dengan isu yang kita bahas mulai jam 15.00 sampai 19.00 malam,” tutup Widhie yang juga reporter senior RRI itu. (Jau)

Comment