Gubernur Resmikan Lima Gedung Kantor Bank Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Sutarmidji meresmikan lima gedung kantor Bank Kalbar yang dipusatkan di Bank Kalbar Cabang Pembantu Syariah Mujahidin, Pontianak, Kamis (05/01/2023).

Selain Bank Kalbar Cabang Pembantu Syariah Mujahidin, yang merupakan penggabungan dari Kantor Kas Syariah IAIN dan Podomoro, empat kantor lain yang sekaligus diresmikan yakni Kantor Cabang Pembantu Jungkat di Kabupaten Mempawah. Kantor Cabang Pembantu Anjungan di Kabupaten Mempawah, Kantor Cabang Pembantu Roban di Kota Singkawang dan Kantor Cabang Pembantu Balai Berkuak di Kabupaten Ketapang.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Kalbar yang juga selaku pemegang saham pengendali Bank Kalbar berharap, dengan diresmikannya lima kantor cabang baru yang tersebar di berbagai daerah itu, Bank Kalbar bisa semakin banyak memberikan pelayanan.

Sutarmidji menilai, Bank Kalbar memang perlu menghadirkan kantor cabang di berbagai wilayah, karena kaitannya dengan penilaian kinerja pelayanan secara keseluruhan.

“Bank Kalbar ke depan harus lebih inovatif dan mempunyai gedung sendiri. Lalu dengan teknologi bisa bekerjasama dengan Bumdes pada tingkat desa. Desa-desa yang sudah ada akses internetnya, Bank Kalbar bisa bekerjasama untuk akses kredit dan lainnya,” ujarnya.

Baca Juga :  Ditetapkan Sebagai Paslon, MIDJINORSAN: Lebih Baik Adu Program, Kampanye Negatif Senyumin Aja !

Hal itu juga, lanjut Sutarmidji, sejalan dengan program peningkatan Indeks Desa Membangun (IDM) di Kalbar. Di mana akses keuangan dan lainnya, menjadi indikator sebuah desa dalam mencapai status desa mandiri.

“Agar IDM bisa terpenuhi tanpa mengeluarkan biaya cukup besar. Ini menjadi penting sebagai bagian pembangunan dari desa,” katanya.

Sutarmidji melihat, dalam empat hingga lima tahun terakhir tingkat perekonomian di Kalbar memang telah maju pesat. Untuk itu ia berharap, Bank Kalbar mampu bersaing dengan bank-bank lainnya. Salah satu contoh, dalam memberikan kredit produktif, Bank Kalbar bisa menjadi pelopor penurunan bunga perbankan. Sebab Bank Kalbar menurutnya, selain harus mencari profit, juga mengemban visi misi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar untuk menyejahterakan masyarakat.

Peresmikan lima gedung kantor Bank Kalbar, Kamis (05/01/2023). (Foto: Jauhari)
Peresmikan lima gedung kantor Bank Kalbar, Kamis (05/01/2023). (Foto: Jauhari)

“Artinya bagaimana mengembangkan ekonomi masyarakat dan lainya. Jadi bukan hanya mencari keuntungan akan tetapi juga mengemban visi misi Pemprov Kalbar,” pungkasnya.

Sebelumnya, pembangunan lima gedung kantor baru ini merupakan bukti kepedulian dan komitmen Bank Kalbar untuk meningkatkan inklusi keuangan dan aksesibilitas masyarakat terhadap produk dan layanan perbankan. Terutama dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat sehingga dapat membangun daerah Kalbar.

Direktur Utama Bank Kalbar, Rokidi turut berharap, bahwa dengan adanya gedung kantor yang baru, dapat memudahkan masyarakat sekitar untuk dapat memanfaatkan produk dan jasa Bank Kalbar dengan kondisi yang aman dan nyaman.

Baca Juga :  Dialog dengan Warga Pelosok, Midji-Norsan Akan Wujudkan Tiga Program Unggulan dan Perbanyak Tower BTS

Seiring dengan peningkatan dan kinerja dan pelayanan yang dilakukan oleh Bank Kalbar, kepada masyarakat, Rokidi mengharapkan agar semakin banyak menggunakan produk dan jasa Bank Kalbar serta melakukan transaksi keuangan dengan Bank Kalbar, baik menyimpan dana maupun pinjaman.

“Selain itu juga, diharapkan perekonomian masyarakat dapat semakin meningkat. Siapa lagi yang akan membesarkan Bank Kalbar ini jika bukan masyarakat dan nasabah,” ujarnya.

“Karena keuntungan yang didapat, akan meningkatkan dividen yang akan diterima oleh Pemerintah Provinsi Kalbar dan kabupaten serta kota se-Kalbar selaku pemegang saham, yang nantinya dapat digunakan untuk pembangunan di daerahnya masing-masing,” paparnya.

Di samping itu, Rokidi pun mengajak kepada seluruh universitas, yayasan pendidikan dan pihak lainnya agar bekerjasama dengan Bank Kalbar dalam hal pembayaran gaji karyawan, pembayaran pendidikan melalui virtual account dan PKS pembiayaan/pinjaman.

“Mari bertransaksi jasa perbankan menggunakan produk dan jasa Bank Kalbar karena ‘Bank Kalbar, Bank Kite Punye Kite’,” tutupnya. (Jau)

Comment