Di Peringatan HAB ke-77, Gubernur Sutarmidji Ajak Gelorakan Transformasi Layanan Umat

KalbarOnline, Pontianak – Dalam rangka Hari Amal Bhakti ke-77, Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) mengadakan upacara bendera yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Kalimantan Barat di halaman Kanwil Kemenag Kalbar, Selasa (03/01/2023).

Dalam kesempatan ini, Gubernur Kalbar, Sutarmidji dengan menggunakan pakaian adat bertindak sebagai pembina upacara. Tampak para petugas dan peserta dari jajaran Kemenag Kalbar dengan khidmat mengikuti upacara tersebut juga dengan mengenakan pakaian adat yang unik dari berbagai daerah yang ada di nusantara.

Selaku pembina upacara, gubernur menyampaikan amanat dari Menteri Agama RI, di mana pada Peringatan HAB ke-77 tahun 2023 ini, para ASN Kemenag diminta terus dapat memperbaiki niat pengabdian dan pelayanan umat.

“Jadikan peringatan HAB ini sekaligus sebagai penanda sejarah panjang pengabdian kementerian agama dalam melayani seluruh umat beragama di Indonesia. Gelorakan semangat transformasi layanan umat,” ucap Sutarmidji.

Menjelang pemilu 2024, kerukunan sangat fluktuatif dan dinamis, kerukunan merupakan prasyarat pembangunan nasional. Maka dari itu, pembangunan membutuhkan stabilitas dan stabilitas dapat terwujud bila antar masyarakat rukun dan damai.

Disampaikan, bahwa potensi terjadi ketidakrukunan di masyarakat akibat pilihan politik yang berbeda, politisasi agama makin sering dilakukan untuk meraih efek elektoral.

“Politisasi tempat ibadah sebagai ajang kampanye, sudah mulai terjadi. Penggunaan politik identitas menjelang pemilu harus diantisipasi dan dimitigasi agar kerukunan umat tidak ternodai,” ujar gubernur membacakan amanat Menag RI.

Gubernur Kalbar, Sutarmidji bertindak sebagai pembina upacara pada peringatan Hari Amal Bhakti ke-77, di halaman Kanwil Kemenag Kalbar, Selasa (03/01/2023). (Foto: Biro Adpim For KalbarOnline.com)
Gubernur Kalbar, Sutarmidji bertindak sebagai pembina upacara pada peringatan Hari Amal Bhakti ke-77, di halaman Kanwil Kemenag Kalbar, Selasa (03/01/2023). (Foto: Biro Adpim For KalbarOnline.com)

Masih dalam amanat Menag RI, Peringatan HAB ke-77 diharapkan dapat jadi momentum untuk meningkatkan solidaritas organisasi.

“Kita harus berada dalam satu barisan yang kuat, kokoh dan terorganisir untuk Kementerian Agama yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” jelas Sutarmidji.

BACA JUGA:  Gubernur Kalbar Ungkap Menu Unik Saat Sahur dan Buka Puasa Wapres Ma'ruf Selama di Pontianak

Di akhir sambutannya, Sutarmidji mengapresiasi para penerima penghargaan. Ia kembali mengharapkan, para ASN dapat meningkatkan kinerjanya dan menambah kebanggaan sebagai bagian dari Korp Kementerian Agama.

“Saya ucapkan selamat kepada para penerima penghargaan. Semoga Kemenag terus jaya dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” harap Sutarmidji seraya menutup amanat Menag RI.

Kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan penyematan Satya Lencana Karya Satya oleh Gubernur Kalbar dengan didampingi Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Kalbar, Muhajirin Yanis.

Selain menyelenggarakan upacara, Kemenag Kalbar juga mengadakan pemotongan tumpeng oleh Kakanwil Kemenag Kalbar yang diserahkan oleh gubernur. Kegiatan tersebut ditutup dengan foto bersama jajaran Kemenag Kalbar. (Jau)

Comment