Satu ABK KM KY 02 Berhasil Diselamatkan

KalbarOnline, Karimata – Sandi Nayoan, satu diantara kru KM KY 02 yang tenggelam di Gosong Jelai, Perairan Karimata berhasil diselamatkan. Pria berusia 26 tahun itu diselamatkan oleh kapal yang melintas.

Kabar baik tersebut disampaikan oleh Kepala Kantor SAR Pontianak, Yopi Haryadi kepada awak media, Senin (26/12/2022) malam.

“Satu orang korban telah diselamatkan oleh Kapal Bintang Jaya 2, saat itu kapal tengah melintas dan menyelamatkan korban yang terapung-apung,” kata Yopi.

Pasca diselamatkan, korban kemudian dilakukan intercept oleh tim rescue.

“Tim SAR gabungan saat ini berhasil melakukan intercept dengan KM Bintang Jaya 2, korban kemudian dibawa menuju Kuala Jelai. Total ada 13 korban selamat dan 3 lainnya masih dalam pencarian tim SAR gabungan,” terang Yopi.

Foto bersama Sandi Nayoan, satu diantara kru KM KY 02 yang sempat tenggelam di Gosong Jelai, Perairan Karimata. (Foto: Jauhari)
Foto bersama Sandi Nayoan, satu diantara kru KM KY 02 yang sempat tenggelam di Gosong Jelai, Perairan Karimata. (Foto: Jauhari)

Yopi mengatakan, awal mula korban berjumlah 15 orang, kemudian mendapat tambahan satu korban lainnya.

Baca Juga :  Bamsoet Dorong Pemerintah Percepat Vaksin Covid-19

“Awal mula manifest kapal berjumlah 15 orang namun setelah dilakukan penyebaran informasi, kami mendapatkan laporan bahwa Bagas Ramadhani juga turut menjadi penumpang kapal tersebut sehingga jumlah korban bertambah menjadi 16 orang,” ungkapnya.

Yopi juga menerangkan, kalau KM KY 02 sebelumnya diketahui tenggelam di perairan Gosong Jelai, Perairan Karimata pada (23/12/2022). Kapal bermuatan semen dengan rute Gresik – Kendawangan ini tenggelam setelah dihantam cuaca buruk yang menyebabkan kapal oleng dan tenggelam.

16 awak kapal menjadi korban dalam peristiwa ini. Beruntung 12 awak kapal berhasil lebih dulu diselamatkan oleh TB Maximus 710. 12 korban selamat dibawa menuju Pelabuhan Kumai di Kalimantan Tengah. Sedangkan tiga korban hilang lainnya masih dalam pencarian tim SAR gabungan.

Berikut data korban selamat:

  1. Andri Tri Widodo     : Nakhoda
  2. Bayun Widiatmoko  : Mualim I
  3. Abdullah                    : KKM
  4. A.Imam Nudin          : Masinis I
  5. Rizal Okta B. S           : Masinis II
  6. Risan Yulianto          : Bosun
  7. Wawan Siswanto     : Jurumudi I
  8. Dyan Pramana P      : Jurumudi II
  9. Anggi Nur Irfan        : Jurumudi III
  10. Bastian Yuli A           : Oliman I
  11. Tri Nur Afni              : Oliman II
  12. Rixcy Reza A             : Operator
  13. 13.Sandi Nayoan P   : Mualim II
Baca Juga :  Dit Polairud Polda Kalbar Amankan 2 Kapal Penangkap Ikan Gunakan Cantrang

Korban dalam pencarian:

  1. Bagas Ramadani        : Penumpang
  2. Ariq Fakhrudin R      : Oliman II
  3. Asyani                          : Koki

Penulis: Muhammad Jauhari Fatria.

Comment