Dihantam Gelombang Laut, 4 Unit Rumah di Kendawangan Ketapang Ambruk

KalbarOnline, Ketapang – Empat unit rumah warga di Dusun Sungai Tengar, Desa Mekar Utama, Kecamatan Kendawangan, Kabupaten Ketapang, Kalbar, ambruk setelah dihantam gelombang dan angin kencang, Jumat (23/12/2022).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ketapang mencatat, 15 KK atau 56 jiwa harus mengungsi ke tempat yang lebih aman. Kendati demikian, tidak ada korban jiwa yang dilaporkan atas peristiwa tersebut.

“45 unit rumah yang dihuni 166 jiwa terdampak atas kejadian ini, empat unit rumah diantaranya ambruk akibat hantaman gelombang,” ujar Sekretaris BPBD Kabupaten Ketapang, Suryadi, Sabtu (24/12/2022).

Suryadi mengatakan, tim BPBD Kabupaten Ketapang sudah mendatangi lokasi untuk menyalurkan bantuan logistik.

Berdasarkan prakiraan BMKG pada tanggal 23-26 Desember 2022, beberapa wilayah akan terjadi bencana cuaca ekstrim dan gelombang besar, terutama di wilayah pesisir.

Ia menambahkan, 5 Kecamatan menjadi daerah dengan resiko cuaca ekstrim di antaranya Kecamatan Kendawangan, Muara Pawan, Delta Pawan, Benua Kayong dan Kecamatan Matan Hilir Selatan.

“Diharapkan bagi masyarakat agar selalu waspada dan menyimpan barang-barang berharga ke tempat yang lebih aman, karena berdasarkan hasil kajian BMKG  bahwa ketinggian gelombang air laut hingga mencapai 1,9 meter,” pungkasnya. (Adi LC)

BACA JUGA:  Seluruh Anggota Fraksi PKS Potong Gaji Bantu Korban Bencana

Comment