DMI Sintang Gelar Rakor Pembinaan dan Moderasi Beragama

KalbarOnline, Sintang – Dewan Masjid (DMI) Kabupaten Sintang menggelar rakor pembinaan, validasi data dan moderasi beragama dalam rangka mempererat ukhuwah Islamiyah, di Kabupaten Sintang, Selasa (20/12/2022).

Ketua DMI Kabupaten Sintang, Senen Maryono mengatakan bahwa acara ini diselenggarakan guna menyatukan persepsi, silaturahim seluruh pengurus masjid yang ada di Kabupaten Sintang dalam pengelolaan, penggunaan masjid sebagai tempat ibadah dan maupun kegiatan yang bersifat ibadah yang tidak dicampuri kegiatan yang bersifat kepentingan politik, terlebih tahun depan akan menghadapi pemilu.

Baca Juga :  Sejumlah Tokoh Angkat Bicara Terkait Insiden Penolakan Wasekjen MUI, Bupati: Saya Mengaku Sedi dan Menyayangkan Kejadian Tersebut

“Dalam acara ini diharapkan kepada seluruh pengurus masjid dan juga dewan masjid konsisten menjaga amanah masyarakat dan peka terhadap lingkungannya untuk mencegah terjadinya hal tidak diinginkan,” kata Senen.

Foto bersama di sela-sela rakor pembinaan, validasi data dan moderasi beragama dalam rangka mempererat ukhuwah Islamiyah, Selasa (20/12/2022). (Foto: Jauhari)
Foto bersama di sela-sela rakor pembinaan, validasi data dan moderasi beragama dalam rangka mempererat ukhuwah Islamiyah, Selasa (20/12/2022). (Foto: Jauhari)

“Tidak saling memperdebatkan tata cara, yang terpenting siapapun bisa beribadah tanpa pemaksaan kehendak sehingga tercipta kedamaian,” tambahnya.

Senen menyampaikan, bahwa acara ini juga untuk memvalidasi data masjid di Kabupaten Sintang, baik yang sudah ada maupun dalam tahap pembangunan.

Baca Juga :  Resepsi Kenegaraan 2017, Bupati: Dengan Semangat Proklamasi Harus Bersatu Padu

“Di mana masjid yang sudah ada kurang lebih 250 masjid dan selalu berkoordinasi dengan kemenag, masyarakat pada umumnya, supaya kegiatan keagamaan berjalan sesuai norma-norma agama,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut juga dibacakan ikrar bersama DMI dan pengurus masjid, yang pada intinya bertekad menjaga ukhuwah Islamiyah atas dasar persaudaraan sesama muslim, saling menghormati keberagaman dan mendukung program pembangunan untuk kemaslahatan umat. (Jau)

Comment