Gubernur Kalbar Sampaikan Pesan di Hari Infanteri TNI AD ke-74: Jadilah Infantri yang Dicintai Rakyat

KalbarOnline, Pontianak – Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji bertindak selaku pimpinan upacara dalam rangka memperingati Hari Infanteri TNI AD ke-74, Kodam XII/TPR, di Alun-Alun Kapuas Pontianak, Kota Pontianak, Senin (19/12/2022). Acara ini turut serta dihadiri seluruh Forkopimda Kalbar serta bupati/wali kota se-Kalbar atau yang mewakili.

Sebelum memulai upacara, Gubernur Sutarmidji berkenan melubangi kelapa muda dan kemudian diberikan oleh Pasukan Tradisional.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Sutarmidji menyampaikan amanah dari Komandan Pussenif, Letjen TNI Arif Rahman MA, bahwa infanteri tidak terlepas dari keberhasilan perang gerilya yang masa itu di bawah komando panglima besar, Jenderal Sudirman.

Baca Juga :  DPRD Apresiasi Capaian Pemprov Kalbar Pertahankan WTP BPK

“Jenderal Sudirman memimpin langsung para pejuang saat melawan Belanda dengan menggunakan senjata tradisional, namun para pejuang kita mampu mengatasi tentara belanda yang sudah memiliki senjata modern,” ucap gubernur.

Dalam gambaran history tersebut, gubernur meminta kepada semua untuk dapat mengambil nilai-nilai berupa jiwa nasionalisme, cinta tanah air, rela berkorban, pantang menyerah dan manunggal dengan rakyat dari para pejuang.

“Nilai-nilai tersebut harus selalu terpatri dalam jiwa dan sikap serta perilaku setiap prajurit korps infanteri,” pinta gubernur.

Baca Juga :  Wali Kota Edi Kamtono: Pers Jembatan Komunikasi Masyarakat dengan Pemerintah

Melanjutkan amanah Komandan Pussenif yang menginstruksikan agar seluruh prajurit korps infanteri mampu menjadi pelopor dalam mengatasi kesulitan rakyat dan meningkatkan semangat jiwa korsa yang positif.

“Dengan mengambil tema Hari Infanteri ke-74 ini yaitu ‘Infanteri yang Modern dan Selalu Dihati Rakyat’ adalah sangat tepat dan patut dijadikan pedoman dan arah bagi prajurit korps infanteri dalam mengemban tugas di masa yang akan datang,” tutup Sutarmidji. (Jau)

Comment