Wakil Bupati Kapuas Hulu: Gerakan Pramuka Harus Mampu Menjelma Jadi Agen Perubahan 

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat secara resmi menutup kegiatan Perkemahan Wirakarya Cabang (PWC) Dusun Buak Mau, Desa Buak Limbang, Kecamatan Pengkadan tahun 2022, Kamis (15/12/2022).

Dalam sambutannya Wakil Bupati Kapuas menyampaikan kegiatan tersebut dirancang sedemikian rupa sebagai aksi kepedulian membangun integrasi antara gerakan pramuka dengan masyarakat dan lingkungan.

“Perkemahan Wirakarya Cabang Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kapuas Hulu tahun 2022 ini merupakan kegiatan perdana yang baru saja dilaksanakan mulai dari tanggal 12 sampai dengan 15 Desember 2022 yang dipusatkan di Kecamatan Pengkadan, Dusun Buak Mau, Desa Buak Limbang,” ujarnya.

Baca Juga :  Wabup Wahyudi Serahkan Bantuan untuk Korban Kebakaran di Buak Limbang

Wabup melanjutkan, kegiatan ini dirancang sedemikian rupa sebagai aksi kepedulian membangun integrasi antara gerakan pramuka dengan masyarakat dan lingkungan yang diisi dengan kegiatan kegiatan sosial bersifat edukatif, produktif, kreatif, dan inovatif sebagaimana implementasi dari tri satya.

Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat menghadiri acara penutupan Perkemahan Wirakarya Cabang (PWC) Dusun Buak Mau, Desa Buak Limbang, Kecamatan Pengkadan, Kamis (15/12/2022) malam. (Foto: Ishaq)
Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat menghadiri acara penutupan Perkemahan Wirakarya Cabang (PWC) Dusun Buak Mau, Desa Buak Limbang, Kecamatan Pengkadan, Kamis (15/12/2022) malam. (Foto: Ishaq)

Dalam kesempatan itu, ia mengimbau seluruh pihak agar bersama-sama memelihara kekompakan, kerja keras dan tekad mendidik generasi muda untuk melakukan hal-hal positif sesuai dengan norma-norma masyarakat.

“Tanpa kita sadari bahwa generasi muda Indonesia saat ini sedang mengalami krisis kebangsaan seperti degradasi moral dan etika, memudarnya rasa nasionalisme dan jati diri bangsa serta sikap individualisme dan sikap acuh generasi muda terhadap ideologi bangsa,” kata dia.

Baca Juga :  Bupati Kapuas Hulu Resmikan Apotek Uncak Kapuas Farma 2 di Boyan Tanjung

Untuk itulah, ia berharap, gerakan pramuka harus mampu menjelma menjadi agen perubahan salah satu pilar pendidikan bagi generasi muda dalam membentuk karakter yang cerdas, unggul, tangguh, penuh daya inovatif dan tetap bersatu, mandiri, memiliki akhlak dan kepribadian yang luhur dan mulia.

“Sikap toleran menjadi generasi yang mampu bersaing di era global serta tetap menjaga keutuhan NKRI,” pungkasnya. (Ishaq)

Comment