Serasa Nge-Cheat! Maksimalin 4 Fitur Samsung Ini untuk Mabar Lebih Lancar

Samsung Galaxy A33 5G hadir dengan dukungan gaming lebih seru melalui fitur Game Launcher, Game Booster, Game Plugins dan Priority Mode.

KalbarOnline, Jakarta – Saat ini, tren mobile gaming kian meningkat dan banyak diminati oleh masyarakat Indonesia sebagai pilihan untuk mengisi waktu luang. Berdasarkan survei jumlah mobile gamer di Indonesia mencapai angka 114 juta.

Selain itu, diketahui juga bahwa pada tahun 2021, di Indonesia terdapat peningkatan jumlah unduhan mobile game sebanyak 26% dari periode sebelumnya.

Namun, tidak jarang para mobile gamer merasa performa gaming menggunakan smartphone mereka belum maksimal dikarenakan banyaknya gangguan seperti lagging, notifikasi yang muncul di tengah permainan, aplikasi gaming yang terletak tidak beraturan, hingga baterai yang cepat habis.

Memahami hal ini, Samsung menghadirkan solusi untuk para gamer yang memungkinkan mereka untuk dapat meningkatkan performa bermain game dengan pengalaman yang makin seru berkat dukungan fitur-fitur Awesome dari Galaxy A33 5G yang dapat diandalkan.

“Galaxy A33 5G hadir dengan harga mulai dari 4 jutaan yang didukung dengan fitur-fitur Awesome yang memungkinkan pengguna untuk dapat merasakan pengalaman mobile gaming dengan performa yang lebih optimal,” ujar Ilham Indrawan, MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia, di Jakarta, Rabu 7 Desember 2022.

Ilham menyampaikan, seiring dengan semakin populernya mobile gaming, terutama di kalangan Gen Z, industri esports di Indonesia pun juga menjadi semakin bergairah. Melihat fakta tersebut, Samsung terinspirasi untuk terus membantu mengasah bakat dan meningkatkan kemampuan Generasi Awesome di bidang esports.

“Komitmen tersebut kami tunjukkan melalui Galaxy A Series yang mendukung penyelenggaraan MPL Indonesia Season 10 dan menjadi official smartphone partner untuk Piala Presiden Esports 2022,” tuturnya.

Untuk itu, Ilham memberikan tips, bagaimana cara pengguna memaksimalkan 4 fitur Awesome Gaming di Galaxy A33 5G yang berfungsi untuk meningkatkan performa gamingnya.

Pertama, aktifkan Game Launcher untuk fokus gaming dalam satu aplikasi. Ilham mengatakan, memainkan game yang sama terus menerus memang membosankan. Maka dari itu, tidak heran jika banyak dari gamers memiliki lebih dari satu aplikasi game di smartphone.

Main game di Samsung Galaxy A33 5G anti lemot. (Foto: Samsung For KalbarOnline.com)
Main game di Samsung Galaxy A33 5G anti lemot. (Foto: Samsung For KalbarOnline.com)

Namun, terkadang beberapa aplikasi game yang letaknya tidak beraturan cukup menyulitkan kamu ketika bermain. Maka dari itu, pengguna perlu mengelompokkan game-game favorit ke dalam satu folder khusus.

“Pengguna juga bisa menggunakan Game Launcher untuk memudahkan kamu memainkan game favorit pada satu aplikasi. Jika Game Launcher belum diaktifkan secara default pada smartphone kamu, maka Game Launcher dapat diaktifkan secara manual,” katanya.

Baca Juga :  UMKM Dominasi Peminjaman di Fintech P2P Lending

Adapun langkah-langkah untuk mengaktifkannya secara manual yakni:

  1. Buka aplikasi Pengaturan, lalu pilih Fitur Lanjutan
  2. Pilih icon Game Launcher untuk mengaktifkannya
  3. Icon Game Launcher akan berwarna biru jika telah diaktifkan
  4. Games yang diunduh di Play Store dan Galaxy Store akan secara otomatis muncul di layar Game Launcher.

Fitur performa kedua, yakni maksimalkan fitur Game Booster untuk gaming super ngebut. Kata Ilham, selain performa yang lambat dan koneksi jaringan yang lemot, tidak ada lagi yang lebih bikin kesal saat gaming dibanding banyaknya gangguan seperti notifikasi yang sering muncul di layar dari berbagai aplikasi, bahkan tidak jarang tiba-tiba ada telpon yang bisa mengganggu fokus saat push rank.

“Supaya sensasi gaming kamu lebih ngebut, di dalam aplikasi Game Launcher ini juga terdapat fitur Game Booster. Fitur Game Booster ini memiliki berbagai pilihan menu yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan pengguna pada saat gaming, tanpa harus close dan berhenti main,” terangnya.

Dengan menggunakan Game Booster, lanjut dia, bagi pengguna yang ingin fokus main game dengan performa maksimal dapat memilih settingan performa, untuk main game lebih nyaman dan lebih lama bisa memilih settingan penghemat baterai, dan untuk pengguna yang ingin memainkan game yang lebih balance antara performa yang optimal namun tetap hemat baterai, maka bisa memilih settingan standar.

Untuk membikin performa saat main game jadi lebih ngebut dengan fitur Game Booster, Ilham lagi-lagi memberikan tipsnya. Yakni dengan 5 langkah mudah, diantaranya:

  1. Buka aplikasi Game Launcher dari app drawer
  2. Tap ikon yang ada di kanan bawah layar
  3. Pilih opsi Game Booster
  4. Pilih Optimisasi Game
  5. Pilih Performa

Selanjutnya, fitur performa ketiga, yakni dengan memanfaatkan Game Plugins untuk atur performa gaming dengan lebih fleksibel.

“Tidak hanya itu, bagi pengguna yang ingin lebih memaksimalkan performa gaming juga bisa menambahkan aplikasi Game Plugins yang dapat di download di Galaxy Store,” kata Ilham membocorkan.

Ia menyebut, kalau di dalam Game Plugins ini, ada banyak fitur pendukung yang lebih advance, seperti Game Booster Plus yang memungkinkan pengguna memilih mode gaming yang sesuai keinginan seperti Mode Max FPS yang memaksimalkan FPS dan performa CPU/GPU, Mode High quality yang memberikan kualitas grafis paling prima.

Kemudian ada Mode balance yang menghadirkan keseimbangan antara performa CPU/GPU, kualitas FPS yang lebih stabil, dan grafis yang tetap mumpuni, serta Mode Battery Saving untuk gaming lebih lama yang hemat daya baterai.

Baca Juga :  Nokia Ganti Nahkoda Gegara Kalah Saing di 5G

“Dengan mengaktifkan fitur-fitur tersebut, pengalaman gaming jadi lebih ngebut tanpa gangguan. Lebih lagi, Galaxy A33 5G didukung dengan kapasitas baterai besar 5.000mAh yang dilengkapi dengan 25W Fast Charging,” kata Ilham.

“Jadi, kamu tak perlu menunggu lama saat mengecas perangkat dan bisa cepat lanjut mabar, tanpa harus main sambil mengecas yang bisa merusak baterai perangkat,” tambahnya.

Berikutnya, fitur performa keempat, dimana pengguna dapat menggunakan fitur Mode Prioritas untuk pengalaman gaming bebas gangguan notifikasi.

Main game di Samsung Galaxy A33 5G anti lemot. (Foto: Samsung For KalbarOnline.com)
Main game di Samsung Galaxy A33 5G anti lemot. (Foto: Samsung For KalbarOnline.com)

Ilham juga menginformasikan, bahwa salah satu gangguan yang paling sering dirasakan oleh gamer adalah lagging di tengah permainan. Gangguan ini, kata dia, disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya notifikasi chat Whatsapp, Email, chat dari Instagram, panggilan telepon, atau bahkan alarm yang muncul tiba-tiba saat kita sedang fokus push rank.

Untuk mengatasi gangguan hal tersebut, pengguna dapat mengaktifkan fitur Mode Prioritas yang terdapat di dalam Galaxy A33 5G dengan dua cara, yakni:

  1. Buka aplikasi Game Launcher lalu aktifkan Mode Prioritas.
  2. Atau swipe garis yang berada di kanan bawah pada tampilan layar saat posisi landscape sebelum memulai game, lalu klik ikon Game Booster, dan aktifkan Mode Prioritas.

“Setelah fitur tersebut aktif, secara otomatis notifikasi akan terblokir jadi pengguna akan bebas dari gangguan dan main gaming di smartphone Galaxy A33 5G pakai layar 6,4 inci dengan balutan FHD+ Super AMOLED jadi lebih nyaman tanpa adanya distraksi,” terangnya.

Jadi, untuk para gamer yang mau menang saat mabar atau win streak, gamers bisa coba mengaktifkan fitur pendukung gaming dari Galaxy A33 5G yang Awesome untuk pengalaman bermain game yang lebih optimal.

“Dapatkan Galaxy A33 5G untuk pengalaman mabar yang makin Awesome! Buat kamu yang penasaran mau mabar langsung untuk push rank bareng teman-teman, kamu bisa langsung mendapatkan Galaxy A33 5G yang tersedia di toko daring dan gerai fisik,” ujarnya.

Ilham menambahkan, Samsung Galaxy A33 5G dibanderol dengan harga mulai Rp 4.799.000 (8GB/128GB) dan Rp 5.299.000 (8GB/256GB). Galaxy A33 5G sendiri hadir dengan pilihan warna Awesome Black, Awesome White, Awesome Light Blue dan Awesome Peach yang kekinian.

“Informasi lebih lanjut tentang Galaxy A33 5G bisa dilihat di www.samsung.com/id atau news.samsung.com/id,” pungkas Ilham. (Jau)

Comment