Di HUT Korpri ke-51, Wawako Bahasan Minta ASN Lebih Menjiwai Dalam Melayani Masyarakat

KalbarOnline, Pontianak – Tiga orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak dianugerahi tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya oleh Presiden RI.

Ketiga PNS yang mendapat tanda kehormatan tersebut adalah Hidayati yang menjabat Asisten Administrasi Umum dengan tanda kehormatan 30 tahun, Emy Meilana, Analis SDM Aparatur Dinas Kesehatan Kota Pontianak untuk pengabdian 20 tahun dan Muhammad Kurniawan, Perencana Ahli Muda Bappeda Kota Pontianak untuk 10 tahun.

Penyematan tanda kehormatan oleh Wakil Wali Kota Pontianak Bahasan digelar pada upacara peringatan HUT Korpri ke-51 tahun 2022, di halaman Kantor Wali Kota Pontianak, Selasa (29/11/2022).

Bahasan mengungkapkan, di usia yang ke-51 tahun, Korpri harus mampu menjalankan perannya dalam melayani, berkontribusi dan berinovasi untuk negeri serta melakukan reformasi secara berkelanjutan.

Sebagai anggota Korpri, seluruh PNS harus memahami makna dari Panca Prasetya Korpri sehingga sebagai abdi negara lebih menjiwai dalam melayani masyarakat. Peringatan HUT ke-51 Korpri yang mengambil tema “Korpri Melayani, Berkontribusi dan Berinovasi Untuk Negeri” selaras dengan yang tertuang dalam Panca Prasetya Korpri.

“Saya berharap seluruh anggota KORPRI di lingkungan Pemkot Pontianak tetap semangat dalam bekerja, melayani kepentingan masyarakat serta mewujudkan fungsinya sebagai perekat persatuan bangsa,” ujarnya.

Menurutnya, perubahan birokrasi harus betul-betul dilaksanakan. Birokrasi tidak lagi berorientasi pada prosedur, melainkan harus berorientasi pada hasil nyata. Dengan kemajuan teknologi, birokrasi juga harus ada perubahan. Pemanfaatan inovasi teknologi harus bisa mempermudah. Kemajuan teknologi sebagai instrumen untuk mempercepat penyelesaian masalah.

Penyerahan penghargaan kepada pegawai berprestasi di lingkup Pemkot Pontianak. (Foto: Prokopim For KalbarOnline.com)
Penyerahan penghargaan kepada pegawai berprestasi di lingkup Pemkot Pontianak. (Foto: Prokopim For KalbarOnline.com)

Ia menyebut, masalah birokrasi saat ini harus diselesaikan dengan cara smart shortcut yang lebih cepat, efisien dan lebih memberikan dampak yang luas. Ia mengingatkan agar anggota Korpri membangun nilai-nilai baru dalam bekerja serta cepat beradaptasi dengan perubahan.

BACA JUGA:  Raih Kalpataru Kategori Kota Besar se-Kalbar

“Tidak ada lagi pola pikir lama, tidak ada lagi kerja linear dan tidak ada lagi kerja rutinitas. Birokrasi harus berubah,” pesan Bahasan.

Dirinya juga mendorong seluruh anggota Korpri yang mengabdikan dirinya di Pemkot Pontianak untuk terus mengukir prestasi. Prestasi-prestasi yang diraih itu menjadi pemicu untuk meningkatkan kedisiplinan dalam bekerja.

“Sehingga akan lebih memotivasi mereka untuk memberikan kemampuan yang terbaik saat menjalankan tugas sebagai abdi negara,” pungkasnya.

Selain tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya, penyerahan penghargaan juga diberikan kepada PNS berprestasi di lingkup Pemkot Pontianak Tahun 2022. PNS berprestasi terbagi ke dalam beberapa kategori. Untuk kategori PNS Jabatan Administrator, Berprestasi I Sintya Augustianti, Sekretaris DP2KBP3A, Beprestai II Dini Eka Wahyuni, Camat Pontianak Utara dan Berprestasi III Lita Asrita, Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup.

Kategori Jabatan Pengawas, Berprestasi I Tirta Arifin, Lurah Siantan Hulu, Berprestasi II Suhendri, Kasubbag Perencanaan dan Keuangan BKPSDM dan Berprestasi III Dina Angelina, Kepala UPT Laboratorium Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup.

Kemudian, kategori Jabatan Fungsional Tertentu, Fungsional Umum/Pelaksana, Berprestasi I Sarah Astuti, Perencana Ahli Muda Bappeda, Berprestasi II Lita Luki Bressti, Penyuluh Lingkungan Hidup Ahli Muda Dinas Lingkungan Hidup dan Berprestasi III Ika Wiendratmo, Penyuluh Pertanian Lapangan Ahli Muda Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan. (Jau)

Comment