Wakil Bupati Kapuas Hulu Hadiri Kampanye Lokal Pencegahan Stunting Serta Penurunan Angka Kematian Ibu dan Anak

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat  menghadiri kegiatan kampanye lokal terkait pencegahan angka stunting, angka kematian ibu dan anak serta pemeriksaan dini ibu hamil se-Kecamatan Boyan Tanjung, pada Sabtu (26/11/2022).

Dalam acara yang dipusatkan di Gedung Serba Guna, Desa Mujan, Kecamatan Boyan Tanjung tersebut, Wakil Bupati Kapuas Hulu menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut harus dilaksanakan secara terpadu dan berkualitas, sehingga dapat mendeteksi masalah atau penyakit dan dapat ditangani secara dini.

Baca Juga :  Bupati Nasir Ajak Masyarakat Budayakan Pola Hidup Sehat

“Pelayanan kesehatan masa hamil ditujukan kepada semua ibu hamil, pelayanan kesehatan ini harus dilaksanakan secara terpadu dan berkualitas sehingga dapat mendeteksi masalah atau penyakit dan dapat ditangani secara dini,” sampai Wahyudi Hidayat.

Wakil Bupati Kapuas Hulu menambahkan, pemeriksaan kesehatan pada ibu hamil juga merupakan salah satu cara untuk mengetahui status gizi pada ibu hamil.

“Demikian juga untuk dapat menurunkan kematian ibu dan bayi, diperlukan suatu tatalaksana yang tepat dalam kasus-kasus penyebab kematian ibu dan bayi. Jika ibu hamil sehat maka dapat mencegah stunting pada anak balita kita di Kabupaten Kapuas Hulu,” terangnya.

Baca Juga :  Wahyudi Hidayat: Pemerintahan Terbuka Bangun Kepercayaan Publik

Wahyudi juga mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan untuk penyuluhan terkait tanda bahaya ibu hamil dan penangannya.

“Oleh karena itu dilakukan kegiatan kampanye lokal terkait penurunan angka kematian ibu dan angka kematian bayi dengan pemeriksaan USG terbatas serta konsultasi oleh dokter serta penyuluhan terkait tanda bahaya pada ibu hamil dan penangannya,” pungkasnya. (Ishaq)

Comment