Menko Airlangga bersama Gubernur Sutarmidji Sambut Hangat Keterlibatan Para Delegasi BIMP-EAGA

KalbarOnline, Pontianak – Menuju Pertemuan Tingkat Menteri (PTM) BIMP-EAGA ke-25 yang dilangsungkan di Kota Pontianak, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto bersama Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji menyambut hangat para chair dan seluruh delegasi yang telah mengikuti rangkaian kegiatan BIMP-EAGA dalam dua hari terakhir.

Penyelenggaraan PTM BIMP-EAGA kali ini merupakan pertemuan secara langsung yang pertama kali setelah dua tahun terakhir hanya diadakan secara virtual.

“Saya senang kita bisa bersatu kembali dan mengadakan pertemuan langsung dengan Anda semua malam ini. Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Gubernur Kalimantan Barat dan semua penduduk Kota Pontianak atas keramahannya dan penerimaan baiknya atas acara ini,” ujar Menko Airlangga dalam jamuan makan malam yang diselenggarakan di Pendopo Gubernur Kalimantan Barat, Jumat (25/11/2022).

Forum BIMP-EAGA sendiri ditujukan untuk meningkatkan kerja sama subregional di antara 4 negara (Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Filipina) di kawasan Asia Tenggara yang mempunyai perbatasan wilayah berdekatan. Hal tersebut juga terlihat pada logo PTM BIMP-EAGA tahun ini yang didesain dengan panah di sebelah kanan Tugu Khatulistiwa sebagai simbol filosofis untuk terus maju.

Baca Juga :  Lestarikan Tenun Corak Insang, Dekranasda Pontianak Gelar Lomba Desain Motif

“Perekonomian BIMP-EAGA bergerak maju seiring pemulihan perekonomian sub regional. Pemulihan ekonomi yang optimis terlihat dalam BIMP-EAGA, ditunjukkan dengan peningkatan pertumbuhan ekonomi sebesar 1,5% pada 2021. Pemulihan bertahap di subkawasan diharapkan dapat lebih dipercepat dan didukung oleh kebangkitan pariwisata seiring dengan perbaikan kondisi pandemi,” papar Menko Airlangga.

Komitmen dalam mengoptimalkan momentum menuju pemulihan harus dipenuhi dengan upaya berkelanjutan. Selain itu, memperluas kolaborasi dan memperdalam kerja sama dengan semua pemangku kepentingan juga tetap diperlukan guna mencapai visi bersama bagi masa depan yang berkelanjutan.

Sinergi untuk memperkuat konektivitas subregional dan mempercepat transisi menuju ekonomi yang lebih hijau diwujudkan dalam tema BIMP-EAGA tahun ini yakni “Mendukung Daya Saing dan Ketahanan Iklim.”

“Tapi untuk saat ini, nikmati makan malam anda yang lezat, budaya Kalimantan Barat yang indah. Semoga keempat negara dapat mencapai apa yang sudah kita diskusikan dalam Ministerial Retreat. Jangan lupa juga untuk membeli suvenir dari Pontianak ini,” tutur Airlangga.

Baca Juga :  Arief Poyuono dan Sukiman Minta Seluruh Kader Gerindra dan PAN Komitmen Menangkan Milton-Boyman

Dalam kesempatan tersebut, keramahan dan kehangatan diperlihatkan tuan rumah lewat penampilan sejumlah tarian yang menghibur seperti Haung, Kidangna, dan Joget Anak Dare. Selain itu, seluruh tamu dan para undangan juga disuguhi berbagai ragam kuliner dengan cita rasa khas Kalimantan Barat.

Jamuan makan malam tersebut di antaranya turut dihadiri oleh Deputi VII Kemenko Perekonomian, Deputi I Kemenko Perekonomian, Deputy Minister of Finance and Economy Brunei Darussalam, Chief Director, Economic Planning Unit, Prime Minister’s Department Malaysia, Chairman of Mindanao Development Authority Filipina.

Kemudian tampak hadir pula, Duta Besar Indonesia untuk Brunei Darussalam, Director-General Southeast Asia Regional Department Asian Development Bank (ADB), Director of ASEAN Integration Monitoring ASEAN Secretariat; serta para Delegasi BIMP-EAGA 2022 dari Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Filipina. (Jau)

Comment