Sekda Imbau Seluruh OPD Tingkatkan Mutu Pelayanan Publik

KalbarOnline, Ketapang – Bupati Ketapang melalui Sekretaris Daerah Ketapang, Alexander Wilyo membuka Rapat Gelar Pengawasan Daerah dan Pemutakhiran Data Tindak Lanjut Hasil Pengawasan APIP tingkat kabupaten, di Hotel Grand Zuri Ketapang, Selasa (22/11/2022).

APIP atau Aparat Pengawasan Intern Pemerintah merupakan salah satu unsur manajemen pemerintah yang penting dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) yang mengarah pada pemerintahan yang bersih (clean government), sebagaimana tujuan reformasi birokrasi.

Pelaksanaan rapat gelar pengawasan daerah dan pemutakhiran data tindak lanjut hasil pengawasan tahun 2022 ini adalah merupakan salah satu bagian atau rangkaian dari kegiatan pengawasan APIP di daerah.

Sekda menyampaikan, bahwa Inspektorat merupakan bagian dari sistem pemerintahan bagian pengawasan dimulai dari perencanaan (planning), organization dan terakhir controlling.

“Saya berharap sekaligus mengingatkan kepada Inspektorat, untuk selalu berupaya mengutamakan upaya pencegahan, dengan melaksanakan pengawasan sedini mungkin serta mampu memperluas peran pengawasan dengan menitik beratkan pada beberapa fungsi, seperti penjaminan mutu, fungsi konsultasi, serta intensifikasi sosialisasi dan edukasi terkait perkembangan regulasi,” ujarnya saat membacakan sambutan Bupati Ketapang.

Selanjutnya, ia juga mengingatkan pentingnya kolaborasi intensif dengan semua pihak agar tercipta kepemerintahan yang baik untuk  mewujudkan Ketapang yang maju dan sejahtera.

“Kepemerintahan yang baik pada dasarnya menuntut keterlibatan seluruh komponen pemangku kepentingan termasuk juga keterlibatan masyarakat dengan demikian koordinasi, komunikasi kerjasama kolaborasi menjadi suatu keniscayaan,” terangnya.

Lebih lanjut, sekda turut mengimbau agar setiap OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dapat melakukan inovasi-inovasi yang bisa memberikan stimulan perbaikan pelayanan publik. Khususnya terhadap Inspektorat, sekda mengimbau agar selalu  meningkatkan kualitas pengawasan dengan tetap mengedepankan tindakan-tindakan preventif.

“Saya berharap kepada kita semua, untuk dapat melakukan terobosan dan inovasi yang dapat memacu peningkatan pelayanan publik dan juga peningkatan pengawasan sebagai tindak lanjut dari rekomendasi hasil pengawasan, baik oleh aparat pengawas eksternal maupun internal,” pungkas sekda. (Adi LC)

BACA JUGA:  Gubernur Kalbar Minta Dewan Hakim dan Pengawas Dewan Hakim Bekerja Sesuai Sumpah

Comment