Wali Kota Pontianak Sampaikan Volume RAPBD Tahun 2023 Sebesar Rp 1.855 Triliun

KalbarOnline, Pontianak – Setelah melalui pembahasan yang cukup panjang oleh Badan Anggaran DPRD Kota Pontianak bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah, Rancangan APBD (RAPBD) Kota Pontianak tahun 2023 mengalami perubahan.

Perubahan tersebut di antaranya target pendapatan daerah, baik yang bersumber dari Pendapatan Asli Daerah (PAD), pendapatan transfer dan lain-lain pendapatan daerah yang sah, terhadap target belanja daerah, baik belanja operasional, belanja modal maupun belanja tak terduga serta terhadap target penerimaan dan pengeluaran pembiayaan daerah.

“Setelah melalui proses pembahasan, akhirnya disepakati dengan persetujuan DPRD Kota Pontianak, RAPBD Kota Pontianak tahun 2023 volumenya sebesar Rp 1,855 triliun,” ungkap Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono pada pidato pendapat akhirnya terhadap RAPBD Kota Pontianak, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Pontianak, Selasa (22/11/2022).

Baca Juga :  Pelanggaran di Pilkada, Sujadi Sebut Sanksi Paling Fatal ‘Pembatalan Calon’
Penyampaian RAPBD Tahun Anggaran 2023. (Foto: Prokopim For KalbarOnline.com)
Penyampaian RAPBD Tahun Anggaran 2023. (Foto: Prokopim For KalbarOnline.com)

Ia memaparkan, secara umum RAPBD Kota Pontianak tahun 2023 disepakati, pendapatan daerah sebesar Rp 1,834 triliun, belanja daerah Rp 1,776 triliun serta pembiayaan daerah, yang terbagi menjadi di sisi penerimaan sebesar Rp 20,550 miliar dan sisi pengeluaran Rp 78,500 miliar.

Diakuinya, selama proses pembahasan RAPBD tahun 2023 ini, telah terjadi sinergi yang solid dan komitmen yang kuat antar pihak legislatif dan eksekutif untuk lebih fokus terhadap program dan kegiatan prioritas dalam rangka meningkatkan pembangunan di berbagai bidang di Kota Pontianak.

Baca Juga :  Edi Optimis Hari Bakcang Bisa Jadi Daya Tarik Wisata

“Selanjutnya bermuara pada kesejahteraan masyarakat Kota Pontianak,” tuturnya.

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono (kedua dari kiri) berfoto bersama unsur pimpinan DPRD Kota Pontianak. (Foto: Prokopim For KalbarOnline.com)
Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono (kedua dari kiri) berfoto bersama unsur pimpinan DPRD Kota Pontianak. (Foto: Prokopim For KalbarOnline.com)

Edi menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada pimpinan dan anggota DPRD Kota Pontianak yang telah menyetujui Raperda tentang APBD tahun 2023 menjadi perda.

“Semoga setiap upaya kita dalam mewujudkan masyarakat Kota Pontianak yang sejahtera, senantiasa mendapat bimbingan dan petunjuk serta ridho dari Allah, SWT,” pungkasnya. (Jau)

Comment