TP PKK Pontianak Borong Empat Penghargaan Tingkat Provinsi Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak bersama Tim Penggerak (TP) PKK Kota Pontianak kembali mengukir prestasi. Dimana kali ini, keduanya berhasil meraih empat kategori Lomba Penilaian Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Bangga Kencana Kesehatan Tingkat Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2022.

Prestasi dimaksud adalah, pertama, Peringkat 1 untuk kategori Pelaksana Terbaik PKK Bangga Kencana Kesehatan yang diraih oleh Kecamatan Pontianak Tenggara, kemudian kedua, Peringkat 1 Pelaksana Terbaik PHBS oleh Kelurahan Bangka Belitung Darat. Ketiga, Peringkat 1 Pelaksana Terbaik Lingkungan Bersih dan Sehat oleh RW 29 Kelurahan Siantan Hulu, dan keempat, Peringkat 1 Pemenang Terbaik Pelaksana Terbaik Posyandu yang diraih oleh Posyandu Al-Faizin, Gang Mendawai, Kelurahan Bansir Laut, Kecamatan Pontianak Tenggara.

Penyerahan piala dan piagam perhargaan itu disampaikan oleh Ketua TP PKK Provinsi Kalbar, Lismaryani kepada Ketua TP PKK Kota Pontianak, Yanieta Arbiastutie, di Hotel Mahkota Pontianak, Kamis (17/11/2022).

Alhamdulillah, saya ucapkan selamat kepada seluruh pemenang, ini berkat dukungan dan kerjasama seluruh pihak baik di tingkat kecamatan, kelurahan, RW dan RT sehingga prestasi ini bisa kita raih bersama,” ucap Ketua TP PKK Kota Pontianak, Yanieta Arbiastutie.

Yanieta menilai, prestasi yang diraih kota Pontianak adalah buah manis dari kerjasama yang solid dari semua pihak, optimisme ini didorong oleh berbagai persiapan dan kesiapan seluruh pihak yang terlibat dalam proses penilaian.

“Juara ini layak kita dapatkan karena merupakan kolaborasi yang kuat semua pihak yang telah berperan dan bekerja keras didalamnya termasuk pemberdayaan masyarakat,” terangnya.

Dia berharap, apa yang telah diraih memberikan dampak positif kepada masyarakat. Diantaranya, menurunnya angka kelahiran, angka kematian ibu dan bayi, pencegahan stunting, pencegahan penyakit menular, peningkatan kualitas imunisasi dalam rangka mewujudkan keluarga yang sehat dan berkualitas.

BACA JUGA:  Pemkot Pontianak Komitmen Tekan Angka Stunting

“Intinya bukan kemenangan yang menjadi tujuan utama, namun dengan mengikuti lomba ini menjadi momentum kita semua meningkatkan motivasi serta mendukung berbagai program Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Bangga Kencana Kesehatan di Kota Pontianak,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Lurah Siantan Hulu, Tirta Arifin berucap syukur, bahwa RW 29, Kelurahan Siantan Hulu, Kecamatan Pontianak Utara, berhasil meraih peringkat 1 Pelaksana Terbaik Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) tingkat Provinsi Kalbar tahun 2022.

Alhamdulillah, terima kasih atas apresiasi yang telah diberikan untuk RW 29, Kelurahan Siantan Hulu, Kecamatan Pontianak Utara, atas Peringkat 1 Pelaksana Terbaik Lingkungan Bersih dan Sehat tingkat Provinsi Kalbar,” ungkapnya.

Menurutnya, diraihnya penghargaan itu tidak terlepas dari kerjasama seluruh pihak dan stakeholder yang sudah ikut membantu RW 29 sebagai lingkungan yang bersih dan sehat, terutama dukungan dari puskesmas, PKK kelurahan dan kecamatan, poltekkes kemenkes pontianak, dukungan dari Emiliana anggota DPRD Dapil Pontianak Utara maupun pihak lainnya.

Ia menjelaskan, RW 29, Kelurahan Siantan Hulu, Kecamatan Pontianak Utara juga memiliki inovasi-inovasi unggulan yang dilaksanakan oleh masyarakat, yaitu Inovasi Sego Jagung, inovasi ini merupakan senam dan gotong royong yang dilaksanakan setiap minggunya di RW 29.

Ada juga Inovasi Ayu Ting-ting yaitu inovasi untuk Ayo Pantau Stunting dengan 3 ting, yaitu Tinting Ibu Hamil, Tinting Anak Stunting dan Tinting Parenting atau pola asuh orang tua terhadap anaknya.

Serta Inovasi Pisah Ranjang yaitu Pilah Sampah Jangan Dibuang Sembarang, berupa pengelolaan sampah yang ada di RW 29.

“Saya berharap prestasi yang diraih ini bisa dipertahankan dan menjadi contoh lingkungan lain untuk ikut serta menjaga lingkungan yang bersih dan sehat, khususnya di Kelurahan Siantan Hulu,” pungkasnya. (Jau)

Comment