Categories: Nasional

Transformasi Digital Diakui, Bos PLN Jadi Pemimpin Paling Populer di Media Sosial

Penghargaan yang diraihnya merupakan hasil dari upaya peningkatan kualitas layanan pelanggan yang dilakukan insan PLN

KalbarOnline, Jakarta – Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo mendapatkan penghargaan sebagai pemimpin terpopuler di sosial media versi kategori pemimpin/CEO Subkategori BUMN non TBK oleh Jambore PR Indonesia (Jampiro) 2022.

Penetapan ini dilakukan berdasarkan hasil monitoring pemberitaan terhadap puluhan kementerian/lembaga/pemerintah daerah/BUMN/BUMD/ perguruan tinggi dan tiga platform media sosial (Twitter, Facebook dan Instagram) pada periode 1 Januari – 30 September 2022 oleh PR Indonesia dan Indonesia Indicator.

Darmawan Prasodjo mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan ini. Ia menyebut, penghargaan yang diraihnya tak lain merupakan hasil dari upaya peningkatan kualitas layanan pelanggan yang dilakukan insan PLN.

“Jadi, ini bukan hanya hasil kerja dari seorang dirut, bukan hanya hasil kerja dari pimpinan BOD, tapi seluruh seluruh kekuatan PLN. Baik itu insan PLN maupun tenaga alih daya kita,” kata Darmawan, Jumat, 11 November 2022.

Darmawan pun ingin mendedikasikan penghargaan ini kepada seluruh insan PLN yang sudah optimal berjuang memberikan pengabdian terbaiknya dan melayani pelanggan sebaik-baiknya sehingga kepuasan pelanggan terhadap layanan PLN meningkat.

Menurut Darmawan, PLN sendiri terus melakukan perbaikan untuk memastikan pelayanan kepada pelanggan terus meningkat. Oleh karena itu, PLN mulai meninggalkan cara-cara lama yang serba manual menuju digitalisasi.

“Kami melakukan digitalisasi pembangkit, digitalisasi transmisi dan distribusi, digitalisasi sistem keuangan, sistem pengadaan, sistem pembayaran, sampai digitalisasi sistem pelayanan pelanggan,” jelas Darmawan.

Contohnya adalah apa yang dilakukan di aplikasi PLN Mobile. Darmawan bersama PLN melakukan transformasi agar sistemnya jauh lebih cepat dan efisien dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan.

Oleh karena itu, dibuatlah suatu sistem agar seluruh petugas PLN harus merespon dengan cepat apa yang dibutuhkan oleh pelanggan. Hasilnya, saat ini PLN Mobile sudah diunduh lebih dari 34 juta orang dengan rating 4,8 dan menjadi salah satu aplikasi terbaik di Asia Tenggara.

“Untuk itu, kalau bicara saya sebagai pemimpin paling populer di media sosial, artinya Alhamdulillah masyarakat menerima dan mengapresiasi perjuangan PLN dalam bertransformasi,” jelasnya.

Founder dan CEO PR Indonesia, Asmono Wikan mengatakan, peran humas sangat penting dalam sebuah lembaga dan perusahaan, sebab akan meningkatkan reputasi perusahaan.

“Karena dengan kekuatan komunikasi yang dilakukan komunikator kita organisasi masing-masing yakni humas, organisasi kita masih kokoh berdiri dengan reputasi yang sangat baik,” imbuhnya. (Jau)

adminkalbaronline

Leave a Comment
Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

PDI Perjuangan Berpeluang Usung Sutarmidji di Pilgub Kalbar

KalbarOnline, Pontianak - Gubernur Kalimantan Barat 2018 - 2023, Sutarmidji kembali menjadi orang pertama yang…

1 min ago

Meski Kalah, Pj Bupati Kamaruzaman Apresiasi Timnas Indonesia U-23

KalbarOnline, Kubu Raya - Timnas Indonesia U-23 kalah melawan Uzbekistan pada laga semifinal Piala Asia…

5 mins ago

Pemkab Kubu Raya Gelar Gerakan Tanam Cabai di Punggur Kecil

KalbarOnline, Kubu Raya – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya menggelar kegiatan Gerakan Tanam Cabai di lahan…

12 mins ago

Kamaruzaman Usulkan Pembangunan Jembatan Rasau – Kubu ke Pemerintah Pusat

KalbarOnline, Kubu Raya - Penjabat (Pj) Bupati Kubu Raya, Syarif Kamaruzaman mengatakan di forum musyawarah…

12 mins ago

Pemkab Kubu Raya Ikuti Penilaian Program Prioritas Nasional Tahun 2024

KalbarOnline, Kubu Raya – Kabupaten Kubu Raya akan mengikuti kegiatan terpadu penilaian Desa Pangan Aman,…

14 mins ago

Sutarmidji Ambil Formulir Pendaftaran ke Partai Nasdem

KalbarOnline, Pontianak - Menatap pilkada serentak 2024 pada 27 November 2024, Sutarmidji sudah memastikan diri…

20 mins ago