Wagub Kalbar Panen Perdana Hasil Laut Karimata

KalbarOnline, KKU – Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan, melakukan panen perdana budi daya hasil Laut Karimata di Desa Pulau Pelapis, Kecamatan Karimata, Kabupaten Kayong Utara (KKU), Minggu (06/11/2022).

Adapun hasil laut tersebut berupa rumput laut, lobster dan ikan kerapu sunu dengan menggunakan teknik keramba apung.

Dalam kesempatan itu, Ria Norsan didampingi istrinya Erlina, Bupati Kayong Utara, Citra Duani beserta Forkopimda Kabupaten Kayong Utara (KKU).

Wagub Kalbar mengungkapkan, bahwa potensi alam laut di wilayah Karimata sangat baik, hal ini karena memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

“Jadi saya mengimbau kepada masyarakat setempat supaya selain bisa menjadi nelayan lepas, juga memiliki keramba seperti ini, karena memiliki nilai ekonomis yang tinggi dan penampungnya juga sudah ada,” seru Wagub Norsan.

Wagub Kalbar, Ria Norsan berfoto bersama sembari menunjukkan rumput laut yang merupakan hasil dari budi daya Laut Karimata, di Desa Pulau Pelapis, Kecamatan Karimata, Kabupaten Kayong Utara (KKU), Minggu (06/11/2022). (Foto: Biro Adpim For KalbarOnline.com)
Wagub Kalbar, Ria Norsan berfoto bersama sembari menunjukkan rumput laut yang merupakan hasil dari budi daya Laut Karimata, di Desa Pulau Pelapis, Kecamatan Karimata, Kabupaten Kayong Utara (KKU), Minggu (06/11/2022). (Foto: Biro Adpim For KalbarOnline.com)

“Oleh karenanya tinggal bagaimana masyarakat mau terus konsisten mengembangkan keramba ini demi peningkatan perekonomian masyarakat sendiri agar masyarakat bisa sejahtera,” tambahnya.

Tak hanya itu, mantan Bupati Mempawah dua periode ini menjelaskan, bahwa Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat akan bekerja sama dengan Pemerintah KKU untuk melakukan pembinaan dan memberi dukungan melalui dinas terkait dalam membantu mengembangkan budi daya keramba hasil laut.

Untuk diketahui, budi daya hasil laut dengan keramba apung ini merupakan program percontohan pembinaan masyarakat di sektor budi daya perikanan laut yang merupakan sinergi antara bhabinkamtibmas bersama pihak Kecamatan Kepulauan Karimata dalam membuka potensi sumber daya alam yang ada di wilayah tersebut.

“Saya sangat mengapresiasi, bahwa bhabinkamtibmas yang ada disini mampu menggerakkan dan mengajak masyarakat untuk berusaha dan usahanya jelas dengan diwadahi oleh koperasi,” ujarnya.

“Hal ini kita lihat bersama dapat menciptakan lapangan kerja baru sehingga mampu meningkatkan perekonomian bagi masyarakat kecil untuk mewujudkan Indonesia tumbuh Indonesia tangguh,” terang pria kelahiran Mempawah ini. (Jau)

BACA JUGA:  Sebut Pemekaran Kapuas Raya Sebagai Kebutuhan, Daniel: Yang Menolak PKR, Tak Paham!

Comment