Wabup Ketapang Buka Seminar Pemerintahan Gubernur Sebagai Wakil Pemerintah Pusat

KalbarOnline, Ketapang – Wakil Bupati Ketapang, Farhan membuka seminar pemerintahan gubernur sebagai wakil pemerintah pusat dengan tema “Sinergitas Pemerintah Pusat dan Daerah Dalam Rangka Melanjutkan Ketapang Maju Menuju Masyarakat Sejahtera”, di Ruang Rapat Utama Kantor Bupati Ketapang, Selasa (08/11/2022).

Wabup dalam sambutannya mengatakan, bahwa seminar ini bertujuan dalam rangka membuka wawasan pemerintah daerah, masyarakat dan semua stakeholder terhadap isu-isu strategis terkini.

Baca Juga :  Wakil Bupati Ketapang Buka Kejuaraan Kempo se-Kalbar

“Selain itu diharapkan agar kita semua setelah kegiatan seminar ini, dapat berjuang bersama dan berperan aktif dalam pembangunan daerah,” lanjutnya.

Selanjutnya, ia juga menyampaikan bahwa dengan kelembagaan gubernur sebagai wakil pemerintah pusat benar-benar dapat memperpendek rentang kendali pemerintahan dan sinkronisasi penyelenggaraan urusan pusat dan daerah. Hal itu sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Baca Juga :  Wabup Ketapang Hadiri High Level Meeting Terkait Kemiskinan Ekstrem dan Stunting Provinsi Kalbar Tahun 2024

“Pemerintah pusat telah meletakkan provinsi dalam kedudukan yang bersifat ganda, pada satu sisi pemerintah daerah otonom yang berfungsi menjalankan kewenangan desentralisasi, dan pada sisi lain merupakan perpanjangan tangan pemerintah pusat yang berfungsi menjalankan kewenangan dekonsentrasi di daerah,” tutupnya. (Adi LC)

Comment