Seraam! Jalur Trans Kalimantan Kembali Telan Korban, Kali Ini Karyawan Indomaret

KalbarOnline, Kubu Raya – Kecelakaan lalu lintas (laka lantas) yang menyebabkan korbannya meninggal dunia kembali terjadi di jalur Jalan Trans Kalimantan, pada Selasa (08/11/2022).

Laka lantas yang melibatkan tiga buah kendaraan, yakni kendaraan angkutan jenis dump truck, mobil Box Indomaret dan mobil Toyota Agya ini, persis terjadi di Jalan Trans Kalimantan KM 27, Desa Korek, Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya.

Kanit Laka Polres Kubu Raya, IPDA Wayan Mahardika menerangkan, kejadian itu berlangsung sekitar sekitar pukul 19.50 WIB. Berawal oleh kendaraan dump truck Mitsubishi KB 8922 AE yang dikemudikan Andi mengangkut muatan 2 unit bak dump truck dari arah Pontianak melewati Jalan Trans Kalimantan menuju arah Kabupaten Sanggau.

Kemudian sesampainya di Jalan Trans Kalimantan KM 27 Desa Korek, Kecamatan Ambawang, tiba-tiba mobil box Indomaret yang dikemudikan Andika–dari arah Sanggau menuju Pontianak–melebar ke kanan sehingga langsung menabrak mobil dump truck.

Setelah terjadinya kecelakaan antara mobil dump truck dan mobil box Indomaret itu, lanjut Wayan, kendaraan Toyota Agya yang dikemudikan Rahman yang tepat berada di belakang mobil box Indomaret, menabrak bagian belakang mobil box tersebut, karena tidak dapat menghindar dikarenakan jarak yang sudah terlalu dekat.

Kondisi kendaraan dump truck Mitsubishi KB 8922 AE yang dikemudikan Andi. (Foto: Jauhari)
Kondisi kendaraan dump truck Mitsubishi KB 8922 AE yang dikemudikan Andi. (Foto: Jauhari)

Usai kejadian tersebut, supir mobil box dan dump truck mengalami luka parah dan telah dievakuasi oleh Satlantas Polres Kubu Raya bersama masyarakat setempat menggunakan mobil ambulans Puskesmas Desa Lingga menuju rumah sakit Medical Jaya di Jalan Parit Haji Muksin 1, Kecamatan Pontianak Tenggara.

“Dalam kejadian tersebut, kerugian materi belum dapat ditaksir, dan diketahui supir box Indomaret atas nama Andika tidak dapat diselamatkan akibat kejadian tersebut,” jelas Wayan, Rabu (09/11/2022).

BACA JUGA:  3 Pengeroyok Pemuda yang Diduga Curi Mangga Hingga Tewas di Kubu Raya Terancam 12 Tahun Penjara

Sementara itu, Kasubsi Penmas Polres Kubu Raya, Aipda Ade membenarkan kejadian tersebut, ia mengatakan bahwa Kapolsek Sungai Ambawang, IPDA Surya Boy Michael Sihaloho langsung melakukan pengamanan TKP laka lantas tersebut, dan membantu evakuasi korban serta kendaraan yang melintang di jalan.

“Selanjutnya Tim Laka Lantas Polres Kubu Raya melakukan olah TKP serta penyidikan terhadap pengguna kendaraan yang mengalami laka lantas dan terhadap barang bukti sudah diamankan ke Polres Kubu Raya guna kepentingan penyidikan, sehingga permasalahan dapat ditangani dengan baik dan cepat,” terangnya.

Atas kejadian ini, Ade menyampaikan bahwa Polres Kubu Raya tak henti-hentinya melakukan imbauan kepada masyarakat pengguna jalan, agar melakukan pengecekan terlebih dahulu seluruh kendaraannya sebelum digunakan. Begitupun jika pengendara mengantuk, usahakan menepi dan beristirahat dahulu, dan carilah tempat yang aman untuk beristirahat.

“Jangan membawa beban yang berlebihan yang tidak sesuai kapasitas daya angkut kendaraan, sehingga dapat mengakibatkan tidak stabilnya kendaraan tersebut di jalan raya, apalagi pada saat di tikungan,” jelasnya. (Jau)

Comment