Kapal Pengangkut Cumi Terbakar, Kapal Polisi Raja Udang VI-4002 Bantu Evakuasi Korban

KalbarOnline, KKU – Sebuah Kapal Motor (KM) bernama Guna Sahari yang bermuatan cumi terbakar di Perairan Karimata, Kabupaten Kayong Utara (KKU), Sabtu (05/11/2022).

“Tepatnya lokasi kebakaran itu berada di (bagian) barat Pulau Leman Perairan Karimata dengan koordinat S 01 ’23. 707″ E 108 ‘34.606″,” kata Kabid Humas Polda Kalbar, Kombes Pol Raden Petit Wijaya, Minggu (06/11/2022).

Raden menyampaikan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Pasca mendapati informasi yang bersumber dari masyarakat tersebut, KP Raja Udang VI-4002 yang diawaki oleh Bripka Aswaludin selaku Komandan Kapal langsung mendatangi tempat dimana KM Guna Sahari terbakar.

“KM Guna Sahari yang dinahkodai Selamet berserta 12 ABK lainnya berhasil diselamatkan,” katanya.

Berdasarkan keterangan dari salah satu ABK, bahwa sekitar pukul 06.00 WIB, ABK Indra Pramana melihat semburan api di dekat mesin belakang. Api itu selanjutnya menyambar selang BBM minyak di dekat tangki penyimpanan minyak.

“Kemudian ABK tersebut membangunkan nahkoda dan seluruh ABK. Setelah itu nahkoda memerintahkan ABK untuk berkumpul di haluan kapal dan memberi arahan untuk mengambil life jacket dan memakainya untuk menyelamatkan diri dengan cara menceburkan diri ke laut,” terangnya. (Jau)

BACA JUGA:  Kunker ke KKU, Sutarmidji Serahkan Bansos Bahan Pangan untuk Dua Kecamatan

Comment