Cabor Tarung Derajat Porprov Kalbar Mulai Ditandingkan, Sujiwo: Ajang Pemanasan Menuju PON 2024

KalbarOnline, Pontianak – Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalimantan Barat XIII mulai mempertandingkan cabang olahraga (cabor) tarung derajat pada hari ini, Kamis (03/11/2022), di Sport Center Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. Cabor bela diri asal Jawa Barat ini dijadwalkan berlangsung hingga tanggal 6 November mendatang. 

Ketua Pengprov Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) Kalimantan Barat, Sujiwo menyebut bahwa Porprov XIII ini merupakan ajang pemanasan menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Sumut-Aceh pada 2024 nanti. 

Selain menjadi turnamen pemanasan PON, Porprov Kalbar ini juga menjadi ajang pemetaan atlet-atlet potensial untuk diikutsertakan pada kejuaraan yang lebih tinggi, seperti Kejuaraan Nasional, Pekan Olahraga Pelajar Nasional, dan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional. 

Baca Juga :  Pengprov PABBSI Adukan Disporapar Kalbar ke Komisi V DPRD

“Tujuan utama kita memang memproyeksikan petarung-petarung Kalbar untuk PON ya. Tetapi, karena slot untuk PON itu terbatas, sementara petarung-petarung andal kita banyak, maka mereka yang punya potensi untuk meraih prestasi di level nasional akan diikutsertakan ke kejuaraan-kejuaraan lain, seperti kejurnas, Popnas, Pomnas, dan sebagainya,” ucap Sujiwo saat diwawancarai usai Pembukaan Porprov XIII Cabor Tarung Derajat.

Sujiwo optimistis kalau porprov kali ini kembali melahirkan petarung hebat yang kelak akan mempersembahkan emas untuk Kalbar pada PON 2024. Wakil Bupati Kubu Raya itu meyakini, tradisi emas Kalbar pada cabor tarung derajat belum akan berhenti pada PON XXI yang akan berlangsung di Sumut dan Aceh tersebut. 

Baca Juga :  Edi Kamtono Kendarai Motor Melintasi Duplikasi Jembatan Landak

“Beberapa edisi terakhir, kita (cabor tarung derajat) menjadi penyumbang emas rutin bagi Kalbar. Di Jawa Barat tahun 2016 kita menyumbang satu emas, sementara di Papua pada 2021 lalu kita dapat dua emas” ujarnya.

“Capaian di dua edisi PON terakhir saya yakin tidak akan menurun di 2024 nanti. Artinya, dengan kata lain, emas akan kembali kita raih dan Insya Allah dari ajang porprov inilah peraih emas itu lahir,” tukasnya. 

Pertandingan cabor tarung derajat Porprov Kalbar secara resmi dibuka oleh Ketua KONI Kalbar, Fachrudin Siregar. Pencipta beladiri tarung derajat Ahmad Drajat atau Aa Boxer turut serta dalam seremoni pembukaan sekaligus memberikan motivasi kepada para petarung. (Jau)

Comment