Lantak Durian Jemongko, Edi Kamtono: Ini Durian Terbaik di Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Durian jemongko asal Kalimantan Barat, tepatnya di Kabupaten Sanggau menjadi durian yang banyak diminati oleh warga Pontianak. Pasalnya, durian tersebut punya cita rasa khas yang membuat siapapun yang merasakannya akan ketagihan.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono pun penasaran dengan rasa durian jemongko yang sangat viral di Kalbar itu. Meski tahun lalu ia pernah mencicipinya, namun tahun ini ia kembali mengulang untuk melantak atau menikmati durian yang dikenal dengan isi buah yang menggugah selera. Durian jemongko ini dijual di Pusat Kuliner Jalan Letkol Sugiyono.

“Sore ini saya ke sini untuk mencicipi durian jemongko, ini salah satu durian paling enak dan terbaik di Kalbar,” katanya usai menikmati durian jemongko, Selasa (01/11/2022).

Menurutnya, setiap buah, terutama durian, yang berasal dari daerah tertentu seperti durian jemongko ini, punya ciri khas cita rasa tersendiri, baik dari rasa, bentuk maupun tekstur. Dari 15 butir durian jemongko yang dirasakannya, masing-masing memiliki rasa yang berbeda-beda. Ada yang rasanya sedikit pahit, ada yang manis, ada yang legit, sangat legit dan ada yang agak lembek karena kematangan.

Baca Juga :  PPKM Level 3: Pontianak Tiadakan Perayaan Malam Tahun Baru

Kemudian dari warna isi buahnya ada yang putih, kekuningan, dan kuning muda. Perbedaan jenis rasa dan tekstur buah ini mungkin dikarenakan berasal dari pohon yang berbeda di satu kawasan. 

“Inilah yang bikin penasaran, jadi tadi setiap ada teman yang baru buka durian, saya ikut mencicipi, di situlah sensasi makan durian,” ungkapnya.

Edi mengklaim, kualitas durian jemongko tidak kalah dengan durian dari negeri tetangga Malaysia seperti Musang King. Bahkan durian jemongko dinilainya sebagai durian terbaik di Kalbar.

“Rasanya boleh diadu dengan durian dari negeri tetangga,” sebutnya.

Meski buah-buahan yang ada di Pontianak banyak yang berasal dari kabupaten di Kalbar, namun kota ini menjadi sentra penjualan buah-buahan. Ia berharap musim buah-buahan bisa lebih rutin dan berkelanjutan sehingga kawasan kuliner di sini menjadi lebih ramai. Apalagi kawasan ini cukup tenang dan strategis sebagai pusat jualan buah-buahan dan kuliner sehingga menjadi daya tarik destinasi di Kota Pontianak.

Baca Juga :  Zulfydar Dorong Pemkot Pontianak Bantu MTs Aswaja

Alhamdulillah panen raya durian jemongko tahun ini cukup banyak. Kita terima kasih dengan Bang Shando menggelar lapak durian di Jalan Letkol Sugiyono yang memang kita peruntukkan salah satu kawasan kuliner di Kota Pontianak,” katanya.

Shando Safela, pedagang durian jemongko, mengaku tidak menyangka saat pertama kali dirinya bersama teman-temannya mulai mencoba menjual durian dari daerah jemongko tahun lalu. Melihat antusias peminat durian jemongko yang begitu membludak, panen tahun ini dirinya kembali menggelar lapak durian jemongko.

“Tahun ini kami sengaja memilih lokasi di Pusat Kuliner di Jalan Letkol Sugiyono, karena selain tempatnya strategis dan tidak mengganggu arus lalu lintas, kami juga ingin menarik pengunjung untuk meramaikan pusat kuliner di sini,” tuturnya.

Pria berambut gondrong ini mengatakan, tahun ini, saat penjualan perdana pada Minggu (30/10/2022) sebanyak 500 buah ludes terjual hanya dalam waktu tiga jam.

Alhamdulillah, hari ini sebanyak 1.200 durian jemongko kembali ludes terjual, karena memang peminatnya banyak,” pungkasnya. (Jau)

Comment