Pemkot Pontianak Gelar Sosialisasi dan Internalisasi Core Values ASN Berakhlak

KalbarOnline, Pontianak – Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak menggelar sosialisasi dan internalisasi core values Aparatur Sipil Negara (ASN) Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif (Berakhlak) bagi kepala perangkat daerah di lingkup Pemkot Pontianak.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono usai membuka kegiatan sosialisasi tersebut mengatakan, sosialisasi dan internalisasi core values ASN Berakhlak ini merupakan upaya untuk mendukung peningkatan kinerja secara berkelanjutan bagi kepala perangkat daerah. Peluncuran core values ini pun bertujuan menyeragamkan nilai-nilai dasar bagi seluruh ASN.

“Sehingga dapat menjadi pondasi budaya kerja ASN yang profesional,” ujarnya di Hotel Mercure Pontianak, Senin (31/10/2022).

Ia menjabarkan, makna dari core values ASN Berakhlak, yakni berorientasi pelayanan, artinya ASN dituntut memahami dan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat, ramah, cekatan dan solutif serta dapat diandalkan.

Baca Juga :  Buat Kamu yang Gak Tertib Berlalu Lintas, Catat! Ini 7 Sasaran Prioritas Polantas Dalam Operasi Patuh Kapuas 2018
Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono hadir sekaligus membuka sosialisasi dan internalisasi core values ASN Berakhlak, di Hotel Mercure Pontianak, Senin (31/10/2022). (Foto: Prokopim For KalbarOnline.com)
Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono hadir sekaligus membuka sosialisasi dan internalisasi core values ASN Berakhlak, di Hotel Mercure Pontianak, Senin (31/10/2022). (Foto: Prokopim For KalbarOnline.com)

Kemudian akuntabel, yang bermakna bahwa seorang ASN harus dapat melaksanakan tugas dengan jujur, bertanggung jawab, cermat, disiplin dan berintegritas tinggi serta tidak menyalahgunakan kewenangan jabatan.

“ASN juga harus kompeten, artinya mampu meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah-ubah,” ungkap Edi.

Selanjutnya, harmonis, artinya setiap ASN harus bisa menghargai setiap orang apapun latar belakangnya. Lalu core values loyal, yang mana seorang ASN harus bisa memegang teguh ideologi Pancasila dan UUD 1945, setiap pada NKRI serta pemerintahan yang sah. 

Baca Juga :  Festival Pesona Lokal, Promosikan Kearifan Lokal

“Terakhir, adaptif dan kolaboratif, yang bermakna seorang ASN mampu untuk cepat menyesuaikan diri menghadapi perubahan, terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas,” jelasnya.

Edi bilang, core values berakhlak dilatarbelakangi oleh adanya penerjemahan yang berbeda-beda terhadap nilai-nilai dasar, kode etik dan kode perilaku ASN yang tertuang dalam Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN. Oleh karena itu, setiap ASN di manapun bertugas, seharusnya memegang teguh nilai-nilai dasar serta semboyan yang sama.

“Penguatan budaya kerja, peningkatan kapasitas dan kompetensi menjadi keharusan kita semua. Itulah pentingnya penguatan dan penerapan budaya yang baik sebagai pondasi bagi kita dalam menghadapi era 4.0 bahkan menjelang era 5.0,” pungkasnya. (Jau)

Comment