Peringati Hari Sumpah Pemuda, PMKRI Cabang Sambas Bersih-bersih Sampah Plastik di Lingkungan Rumah Ibadah

KalbarOnline, Sambas – Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-94 tahun 2022, Dewan Pimpinan Cabang Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (DPC PMKRI) Cabang Sambas Sanctus Fransiskus Asisi menggelar bakti sosial (baksos) berupa bersih-bersih di lingkungan rumah ibadah dari sampah, terutama sampah plastik. 

Lowin Nia Depa selaku koordinator dari gerakan ini menyebutkan, berbagai cara dilakukan oleh para pemuda dalam peringatan tahunan HSP, mulai dari upacara, seminar kepemudaan hingga menggelar gerakan-gerakan sosial. Dan pada peringatan tahun ini, pihaknya memilih untuk melakukan baksos lapangan.

“Sumpah Pemuda kali ini menjadi momentum bagi kami untuk terjun di tengah-tengah masyarakat, dalam hal ini di lingkungan rumah ibadah, apa lagi perhimpunan kami ini baru secara resmi ditetapkan sebagai cabang pada Juni 2022 saat kongres yang digelar di Samarinda,” terang Lowin.

Baca Juga :  Bocah 6 Tahun Meninggal Dunia Terseret Arus Sungai Sebawi
Jajaran pengurus dan anggota DPC PMKRI Cabang Sambas Sanctus Fransiskus Asisi menggelar baksos bersih-bersih lingkungan rumah ibadah. (Foto: Jauhari)
Jajaran pengurus dan anggota DPC PMKRI Cabang Sambas Sanctus Fransiskus Asisi menggelar baksos bersih-bersih lingkungan rumah ibadah. (Foto: Jauhari)

Secara teknis, terdapat 4 titik rumah ibadah yang menjadi target kegiatan baksos, yaitu Gereja Kristen Kalimantan Barat (GKKB), Gereja Kristus Tuhan Indonesia (GKTI), Gereja Pantekosta Pusat Surabaya (GPPS) dan terakhir Gereja Katolik Paroki Kristus Raja Sambas.

“Kegiatan ini memang baru pertama kali kita gelar, banyak terima kasih untuk koordinator gerakan, pengurus rumah ibadah serta rekan-rekan anggota PMKRI Cabang Sambas yang sudah berpartisipasi dalam gerakan bersih-bersih sampah rumah ibadah ini,” ungkap Yuliana Ela, Ketua Presidium PMKRI Cabang Sambas.

Yuliana menambahkan, bahwa gerakan ini juga sebagai bentuk komitmen bahwa para pemuda bisa menjaga spirit keberagaman, spirit gotong royong untuk Indonesia yang lebih baik, terutama di Kabupaten Sambas ini. 

“Ke depan, hari-hari berikutnya kegiatan ini akan menjadi prioritas kami karena wujud semangat dari Tiga Benang Merah yang menjadi pedoman kami yang ada dalam kegiatan ini,” Yuliana Ela.

Baca Juga :  Mantan Bupati Sambas Burhanuddin Meninggal Dunia
Baksos ini dilakukan jajaran pengurus dan anggota DPC PMKRI Cabang Sambas Sanctus Fransiskus Asisi dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-92 tahun 2022. (Foto: Jauhari)
Baksos ini dilakukan jajaran pengurus dan anggota DPC PMKRI Cabang Sambas Sanctus Fransiskus Asisi dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-92 tahun 2022. (Foto: Jauhari)

Sementara itu, Pendeta GKTI Jemaat Nafiri, Simon Koa mengucapkan terima kasih atas inisiatif para pemuda dari DPC PMKRI Cabang Sambas Sanctus Fransiskus Asisi ini.

“Mudah-mudahan untuk selanjutnya bisa berjalan terus, sehingga dengan kehidupan seperti ini nama Kristus terus dipermuliakan,” terang Pendeta Simon Koa. 

Ucapan terima kasih juga disampaikan oleh Pastor Moderator PMKRI Cabang Sambas, Celestinus Joni. Ia mengaku salut seraya menyampaikan bahwa generasi muda memang harus berbuat.

“Karena orang muda bukan hanya generasi masa depan, melainkan generasi kini juga,” ungkap Pastor Joni sapaan akrab imam muda ini. (Jau)

Comment