Hari Sumpah Pemuda, Lasarus Ajak Anak Muda Perkuat Rasa Persatuan

KalbarOnline, Pontianak – Ketua DPD PDI Perjuangan Kalimantan Barat, Lasarus mengajak para pemuda untuk memperkuat rasa persatuan. Ajakan itu disampaikan Lasarus dalam rangka Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada hari ini. 

“Saya mengajak anak-anak muda untuk memperkuat rasa persatuan dan kesatuan agar lebih ringan dan mudah kita dalam membangun bangsa ini,” ujar Lasarus dalam keterangan tertulis yang dibagikannya kepada awak media, Jumat (28/10/2022). 

Menurut Lasarus, Sumpah Pemuda amat penting diperingati setiap tahun supaya anak-anak muda tidak lupa akan peristiwa bersejarah tersebut. Pemuda, lanjut Lasarus, mesti terus mengingat sejarah besar yang terjadi pada tahun 1928 silam itu agar tidak mudah untuk saling menjelekkan satu sama lain. 

“Tanggal 28 Oktober 1928 silam seluruh pemuda Indonesia ini bersatu mengikrarkan satu nusa, satu bangsa, satu tanah air, satu bahasa. Satu Indonesia dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote,” ujarnya.

“Kalau makna ini bisa mengalir di seluruh warga Indonesia, terutama anak muda, maka tidak ada lagi yang saling merendahkan antara satu dengan yang lainnya,” imbuhnya.

Ketua Komisi V DPR RI itu lantas meminta para pemuda untuk bijak menyikapi perbedaan serta tidak lagi menganggap keberagaman suku, agama, dan pilihan politik sebagai sesuatu yang perlu dipertentangkan.

Sebab menurutnya, perbedaan merupakan anugerah Tuhan yang mesti disyukuri dan sepatutnya membuat anak bangsa menjadi semakin tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan. 

“Bangsa ini didirikan oleh para pendiri bangsa bukan untuk saling menjelekkan, merendahkan satu sama lain, justru untuk saling menguatkan,” kata dia.

“Oleh karenanya, penting Sumpah Pemuda ini diperingati setiap tahun supaya kita bersatu padu membangun bangsa ini dengan kelebihan dan kekurangan kita masing-masing,” pungkasnya. (Jau)

BACA JUGA:  Lasarus Pastikan Terminal Barang Internasional Badau Beroperasi 2023 

Comment